Glühwein di Christkindlmarkt.

Kirschglühwein, versi lain glühwein hanya tambahan buah cheri saat diseduh.

Kedai menjual glühwein.

Harga yang tertera.

Glühwein dijual di supermarket.



Datang ke Christkindlmarkt atau Weihnachtmarkt, apa yang selalu ditemukan dan terjual adalah sesuatu yang menjadi ciri khas masyarakat di Jerman. Glühwein, minuman yang disajikan hangat dan terbuat dari anggur merah.

Secara tradisional, glühwein diminum kala musim dingin di wilayah tengah Eropa, termasuk Jerman. Tak heran, glühwein sudah dijual dalam bentuk botol di supermarket atau tersedia untuk langsung diminum di pasar menjelang Natal.

Saat saya datang menghampiri salah satu Christkindlmarkt, ada kedai glühwein yang menjual dengan harga 2€ per gelas. Si ibu penjual mengatakan kita bisa menambah gula yang sengaja disediakan bila diperlukan.

Glühwein memang dimasak agar hangat, termasuk ditambah beberapa rempah-rempah sesuai selera. Ada yang menambah kayu manis, adas, cengkeh bahkan lemon juga. Itu semua tergantung kesukaan anda.

Di supermarket, glühwein disajikan dalam botol gelas. Per volume botol, kadar alkohol dalam glühwein kira-kira 8 – 13 persen. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika masih berasa masam, anda bisa menambahkan gula sesuai keinginan.

Di Jerman, glühwein disajikan saat musim dingin bersama kue jahe. Artinya, minuman yang dikhususkan untuk mengusir dingin. Ini semacam periode Natal, dimana seluruh keluarga dapat menikmati kebersamaan dengan glühwein dan ginggerbread atau kue jahe.

Semoga bermanfaat!