ALL ABOUT DEUTSCHLAND

‘Gong-Bao’ Soße Schweinefleisch und Tintenfisch nach ‘Gong-Bao’: “Shanghai” Chinarestaurant, Rekomendasi Tempat (8)

Restoran tampak depan.

Gong-Bao Soße Schweinefleisch mit Knoblauch und Gemüse.

Usai menghadiri misa di hari minggu, suami ajak makan siang di restoran. Akhirnya pilihan rasa kali ini adalah restoran bergaya Tiongkok di wilayah Bayern. Restoran tersebut bernama “Shanghai” Chinarestaurant, yang terletak di lokasi wisata Bad Füssing, Niederbayern.

Restoran tersebut berada di lantai atas sebuah gedung. Saat kami tiba, kami disambut oleh pramusaji yang ramah dan berwajah oriental. Terdengar sepanjang kami di sana adalah lagu berbahasa mandarin. Kami berdua memilih duduk di dekat jendela. Di sekitar jendela tampak lampion khas negeri Tiongkok, dimana terdapat warna menyala dan aksara mandarin.

Beda restoran pastinya beda pula menu yang tersaji. Kami berdua pun segera memesan makanan khas Asia dengan nasi sebagai makanan pokok. Saat anda datang ke restoran Asia di Jerman kebanyakan kita hanya membayar makanan yang dipesan dan minuman saja. Nasi putih yang disediakan adalah bagian dari pelayanan.

Suasana restoran.

Lampion di jendela.

Di restoran Tiongkok di Jerman dan Austria, mereka biasanya menyediakan pemanggang menu kemudian meletakkan menu yang dipesan di atasnya. Ini dimaksudkan agar makanan tetap dalam keadaan hangat. Piring yang disajikan juga lebar dan dalam kondisi yang hangat. Untuk nasi, mereka biasanya meletakkan dalam wadah terpisah.

Kedua menu yang dipesan adalah sama-sama menggunakan saus “Gong-Bao” untuk campuran rasa. Gong bao dapat pula disamakan dengan saus Kung Po, menurut literatur yang saya baca. Menu masakan ini berasal dari Provinsi Sechuan, Tiongkok. Masakan ini biasanya terdiri atas daging, sayuran, kacang dan cabai yang pedas. 

Nasi selalu ditempatkan di wadah terpisah dan tak perlu bayar.

Siap disantap.

Menu pertama adalah Gong-bao Schweinfleisch mit Knoblauch und Gemüse. Nama menu di restoran Asia di Jerman menggambarkan detil masakan yang disajikan. Terlihat dari nama makanan ini maka makanan ini dengan saus gong-bo menggunakan bumbu bawang putih dan sayuran. Bawang putih mungkin digunakan dalam jumlah yang banyak sehingga lebih terasa dalam masakan. Bisa jadi untuk menjelaskan kepada sebagian orang yang tidak suka dengan bawang putih misalnya.

Makanan pertama ini terdiri dari irisan daging babi dengan sayuran. Sayuran terdiri atas wortel, daun bambu, jamur, timun, kol putih dan paprika. Masakan ini juga diklaim berasa pedas dalam daftar buku menu. Namun bagi saya, makanan ini tidak terasa pedas. Saus gong-bao kental dan berasa tidak manis. Pasalnya, di restoran Asia lain ada juga saus gong-bao yang disajikan dengan rasa manis. 

Makanan kedua adalah Tintenfisch nach Gong-bao soße. Terlihat dari nama makanan ini maka masakan ini terdiri atas cumi-cumi dan sayuran dengan saus gong-bao. Untuk membuat daging cumi-cumi memiliki tekstur yang pas untuk dimasak tentu tak mudah. Namun restoran ini tahu betul bagaimana memasak cumi-cumi sehingga tidak alot. Sayuran juga tidak dibuat terlalu masak sehingga berasa crunchy saat digigit. Makanan kedua ini juga sama, berasa enak.

Kedua makanan tersebut di atas, menurut kami tidak berasa pedas. Namun tingkat kepedasan tiap orang bisa jadi berbeda-beda. Bumbu pedas yang digunakan adalah cabai, bukan lada atau merica. Keduanya sama-sama enak, dengan saus gong-bao sebagai pelengkap citarasa.

Semoga bermanfaat!

 

Advertisements

3 replies »

  1. Anna
    A new restaurant recommendation and could be a chinese cuisine restaurant, according to pics all chinese restaurant are as guinness tavern around the european continent and you´re expert in asian cuisine. I´ve eaten different chinese around Europe and according to my opinion similar and different from original chinese food. I love cantonese cuisine, very ritzy and when you read the list from chinese restaurant lots of rices as duck or chicken … and I need white bread in chinese and less rice bowl

    I hope you had a bon appetite in the restaurant
    Prosts 🙂
    David

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.