Minuman Rasa Apel Non Alkohol Khas Jerman 

Bratapfel-likör.

Saya datang lagi ke Christkindlmarkt hanya untuk memeriahkan tradisi menjelang Natal dan mencicipi kuliner di sana. Melanjutkan petualangan rasa kali ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang minuman non alkohol asal Jerman. Jika anda suka apel, anda pasti suka minuman berikut.

Di kedai penjual minuman di pasar menjelang Natal tampak banyak orang datang memesan minuman, ngobrol bersama yang lain atau mereka menyaksikan konser musik bertemakan Natal di hadapan mereka. Melengkapi kunjungan, saya pun mencoba sesuatu yang belum pernah saya rasakan. Glühwein sudah acapkali saya coba. Kali ini saya ingin sesuatu yang berbeda, tanpa alkohol namun cukup untuk menghangatkan badan. Di udara terbuka dengan rinai salju seperti ini, saya butuh sesuatu yang panas untuk tubuh.

Pilihan jatuh pada bratapfel, sejenis minuman sari buah apel dan tidak beralkohol. Bratapfel kebanyakan merupakan buatan sendiri sehingga saat hendak diminum bisa dihangatkan terlebih dulu. Rasanya pasti manis dan menyegarkan. Di Jerman minuman ini juga cocok disajikan kala musim dingin.

Kebanyakan yang memesan bratapfel di kedai minuman ini adalah anak-anak dan mereka yang memang tidak minum alkohol. Harganya 2€, berikut deposit untuk cangkir 2€. Jika anda mengembalikan lagi cangkirnya yang indah itu, anda mendapatkan uang kembali 2€. Begitulah caranya di Jerman saat ada festival yang menjual minuman atau makanan dengan perlengkapan dari pihak kedai. Pelanggan dikenakan deposit di muka, saat barang seperti cangkir dan piring sudah kembali maka uang deposit dikembalikan.

Kembali ke soal minuman, bratapfel likör juga banyak dijual di supermarket. Namun jika anda menginginkan jenis non alkohol anda harus baca seksama. Pasalnya ada juga bratapfel likör yang juga mengandung alkohol. Di salah satu botolnya dikatakan 5,4% kandungan alkoholnya.

Anda bisa membeli dan membuatnya di rumah. Minuman ini termasuk sebagai minuman kesehatan. Di musim dingin seperti ini rasanya tubuh juga perlu asupan multivitamin, termasuk apel yang kaya akan mineral dan vitamin C.

Semoga bermanfaat!

8 thoughts on “Minuman Rasa Apel Non Alkohol Khas Jerman 

  1. Anna

    Well I ain´t a huge fan of hot wine and order to apple and many other drinks not to me, I prefer water no fizzy drinks , i hate Coke and many other beverage, it´s a hard fight in my stomach and in order to apple I love apple tart from deutschland
    Unfortunately no a perfect man and I must be better day to day or could be going from bad to worse a an ash in a ashtray
    Take care , good nite and beware with night creatures
    David

    P.s. I´ve watched the new film by pixar called coco in order to a mexican boy …longing for a musician and lots of details about Death in Mexico… lots of smiles!

    Liked by 1 person

    1. Hey David,

      It seems I known that movie. Is that old movie ya? That was so funny and awesome musical inside. Life is unpredictable, it happened to Coco hahaha….

      Good night David🍻

      Like

    2. Oh no new film from Pixar studios it was released on November on the states and December in Europe … funny time and I wanna be a busker in other lives and singing and woman as ya 😉😉😉👍👍👍🙈🙈🙈🙈

      Liked by 1 person

Leave a comment