ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Mengamati Gaya Arsitektur Gereja Katolik di Bavaria, Jerman: Gaya Gothic (2)

Gereja Katolik St. Paulus, Munich.

Gereja lain di wilayah Bavaria yang bercirikan gothic.

Dari semua foto, tentu anda bisa menyimpulkan persamaan dari penampakan luar Gereja Katolik tersebut yang bercirikan arsitektur gothic.

Ujungnya yang lancip pada menara Gereja Katolik di Bavaria atau kapel, bercirikan bangunan gothic.


Saya senang mengamati berbagai bangunan yang terdapat di wilayah Bavaria, Jerman. Saya tekankan pada pengamatan kali ini adalah Gereja Katolik, dimana setiap desa dan kota pasti ada Gereja Katolik karena mayoritas penduduk Bavaria memeluk Katolik. Di artikel sebelumnya, saya menjelaskan tentang ciri dan contoh bangunan bergaya baroque

Baca https://liwunfamily.com/2017/12/21/mengamati-gaya-arsitektur-gereja-katolik-di-bavaria-jerman-gaya-baroque-1/

Selanjutnya, gaya arsitektur yang ditemukan adalah gothicArsitektur bergaya gothic dimunculkan di Eropa mulai abad 12 hingga abad 16. Kemudian memasuki abad 20 kebangkitan arsitektur gaya ini kembali ditiru pada bangunan-bangunan ternama semisal gedung pemerintahan, kastil atau universitas. Artinya bangunan bercirikan gothic yang semula terlihat pada Gereja Katolik, pun mengalami perkembangan, termasuk di Jerman. Anda bisa temukan semisal pada bangunan Rathaus di Munich, ibukota negara bagian Bavaria, Jerman.

Goethe, seorang filsuf terkenal Jerman menyebutkan gaya gothic sebagai “deutsche Architektur.” Saya tidak tahu mengapa bisa disebutnya begitu, mungkin bangunan gothic memerlukan keahlian spasial yang tinggi. Perlu anda ketahui bahwa bangunan bercirikan gothic selalu memiliki atap berujung runcing dan lancip. Tak hanya itu, langit-langit pada bangunan dibuat lengkungan berpotongan yang khas. Ini yang memudahkan saya mengetahui bahwa bangunan ini bercirikan gothic.

Saat memasuki Gereja Katolik di Jerman, dengan mudah saya melihat dari kejauhan bentuk bangunannya. Lalu di dalam, saya perhatikan bagaimana langit-langitnya dibuat begitu simetris. Artinya, ini membutuhkan keahlian yang sempurna. Saat perkembangan ciri bangunan gothic sekitar abad 12 memang diasosiasikan dengan Gereja Katolik. Karena unsur horisontal dan vertikal pada ciri bangunan gothic melambangkan keagungan Tuhan. Pada katedral misalnya, terlihat bahwa ciri gothic seperti membentuk salib.

Perhatikan langit-langit yang berupa potongan lengkungan yang struktural sempurna. Ini di Gereja Katolik St. Paulus.

Ini juga pada langit-langit Gereja, menjadi ciri bergaya gothic.


Ciri lain bangunan gothic ada pada lengkungan runcing yang tajam, yang disebut “Ogival architecture.Saya bisa melihatnya tidak hanya pada kubahnya saja, tetapi pada pintu dan jendela yang menghiasi Gereja. Awalnya saya berpikir ini semacam dekorasi saja, namun jika diperhatikan bentuknya mengikuti gothic secara struktural. Begitu pun pada potongan langit-langit yang menghiasi atas Gereja Katolik, ciri gothic begitu terlihat struktural. Saya yakin ini butuh kejelian. Itu sebab Goethe berpendapat, bangunan berciri gothic merupakan kejeniusan.

Alangkah lebih detil dan rinci lagi pengamatan seorang arsitek untuk membahas ini. Namun sebagai awam, saya mencoba membuat perbedaan ciri gaya arsitektur yang membedakan Gereja Katolik di wilayah region Bavaria.

Demikian pengamatan saya, ada satu ciri arsitektur lain yang akan saya bahas selanjutnya. 

Baca https://liwunfamily.com/2017/12/26/mengamati-gaya-arsitektur-gereja-katolik-di-bavaria-jerman-ciri-backsteingotik-atau-brick-gothic-3/

Semoga bermanfaat!

Advertisements

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.