Makanan Khas Jerman (24): Mie Gulash dengan Daging Rusa

Hirschgoulasch mit Spätzle.



Natal tahun 2017 di Jerman merupakan waktu yang panjang. Hari Sabtu (23/12) kemarin adalah hari terakhir orang berbelanja di supermarket karena hari Minggu, Senin dan Selasa libur. Akhirnya saya pun ikut memilih menu yang tersedia di toko daging langganan. Toko daging dan toko roti ikut libur hingga hari Rabu (27/12).

Toko daging langganan menawarkan menu istimewa untuk Natal. Saya cek daftar menu sambil diskusi dengan suami tentang menu istimewa kala Natal, dimana saya harus memasak sendiri di rumah. Pilihan jatuh pada Hirschgoulasch, ini semacam sup goulasch biasa namun menggunakan daging rusa. Ini kali pertama saya coba makan daging rusa.

Asyiknya jika memesan makanan di sini, di rumah saya tinggal menghangatkan saja. Alias semua sudah berbumbu dan tak perlu repot mengolahnya lagi. Sepakat, saya pun membelinya.

Apa anda pernah mencoba daging rusa?

Akhirnya saya pun mengolahnya dengan Spätzle. Jika di Italia punya beragam pasta, maka Jerman dan sekitarnya seperti Austria, Swiss dan Jerman bagian selatan punya mie khusus yang terbuat dari telur. Jika di Indonesia, ini mungkin seperti mie telor. Bentuknya bisa bermacam-macam tergantung selera.

Untuk memasak spätzle, caranya mudah. Masak air hingga mendidih, tambahkan garam sedikit dalam air. Lalu masukkan spätzle mentah ke dalam rebusan air. Masak hingga matang kira-kira 15-20 menit. Jika sudah masak, tiriskan airnya dan siap dihidangkan dengan goulasch.

Sedangkan hirschgoulasch, saya hanya menghangatkan saja dalam api kecil. Kuahnya benar-benar kental dan warnanya berbeda seperti kebanyakan sup goulasch yang biasa saya coba. Warnanya cokelat gelap dan kental kuahnya. Untuk daging, rasanya memang tidak ada bedanya dengan daging sapi. Hanya saja ada aroma daging yang berbeda pada umumnya saat dimakan.

Berikutnya saya akan tampilkan goulasch dari negeri asalnya, Hungaria.

7 thoughts on “Makanan Khas Jerman (24): Mie Gulash dengan Daging Rusa

  1. When i heard Goulash I´ve associated this food to hungarian land, I ate lots goulash there as paprika… In order to Russian food… no expert it could be a meat ball what i hate across profound america and in order to russian I prefer desserts as drinks from a lovely samovars

    Liked by 1 person

    1. David,

      I was in Hungary for holidays. I found the real goulasch in here… later I will post. Now I am still hunting several street foods in Christmast Market,near Basilica St. Stephan, Budapest… Laters!😁😁😁

      Liked by 1 person

    2. Hungarian land’s wondrous besides nice places in Budapest, the parliament and fishermen’s bastion and playing between buda & pest… Enjoy your keepsakes 😉😉😘😘👍🙈

      Liked by 1 person

Leave a comment