ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Landshut, Bavaria (2): Apa yang Bisa Dikunjungi?

Ini seperti bis layanan city tour di Landshut.

Burg Trausnitz.


Landshut begitu indah, menurut penduduk setempat saat kami berkunjung. Mereka mengatakan dalam bahasa Jerman, kota Landshut begitu nyaman untuk dihuni. Perpaduan bangunan antara baroque, gothic hingga backsteingotik terlihat menyatu di sini. Ada area bangunan yang didirikan sejak abad pertengahan yang masih bertahan hingga sekarang dan terlihat menawan hati. Ada pula bangunan moderen yang tak kalah indahnya tumbuh di kota tua.

 

Tak percaya? Anda bisa lihat dari atas bukit, dimana di sana ada kastil dari bata merah yang indah dan masih terawat baik. Dari sana, anda bisa melihat kota Landshut yang berwarna bak mosaik. Dilalui sungai Isar, anda bisa melihatnya dari balkon kastil bahwa sungai tersebut hingga mencapai kota Munich. Keindahan bangunan yang berwarna serasa membenarkan jika dikatakan, kota ini seperti mosaik.

Namun, apa saja yang bisa anda kunjungi di sini?

(1). Kastil Trausnitz

Kastil tampak depan.

Sekitar kastil.

Figur Raja Ludwig I.

Dari papan informasi di depan loket masuk dikatakan, kastil ini dulu adalah kediaman dari dinasti Wittelsbach. Kastil dibangun pada abad pertengahan untuk para keluarga kerajaan Bavaria. Untuk masuk, anda perlu membayar sekitar 6€ per orang saat kami datang. Alangkah lebih baik jika pengunjung datang dalam suatu kelompok karena mereka juga menyediakan tour guide dimana pengunjung akan mendapatkan informasi lengkap setiap ruang dalam kastil. Begitu megah kastil ini, sehingga kita bisa menemukan berbagai kamar yang menyimpan memori di masa lalu. Misalnya, saya bisa melihat bagaimana dapur yang menjadi area domestik perempuan di masa itu dipenuhi berbagai koleksi peralatan abad pertengahan.

(2). Benteng pertahanan

Meski terbuat dari bata merah, namun sejak tahun 1204 didirikan, benteng ini masih kokoh dan terawat baik. 

Lubang untuk memantau kondisi sekitar.

Benteng didirikan oleh Raja Ludwig I pada tahun 1204. Sepertinya benteng ini digunakan sebagai pertahanan dimana dibuat dari bata merah yang kokoh hingga sekarang. Disebut sebagai benteng pertahanan, saya juga melihat ada lubang kecil di beberapa tempat yang dijadikan lokasi memantau area sekitar. Letaknya di atas bukit menjadikannya tempat strategis untuk memantau kondisi keseluruhan dari atas.

(3). Stadt Hofgarten

Papan informasi perlu diperhatikan pengunjung.

Baik juga untuk mereka yang suka jalan kaki menyusuri bukit di tempat ini. Perhatikan papan informasi di atas.

Sebelum mencapai kastil dan benteng, saya mendapati semacam hutan yang berwarna seperti mosaik. Indah menurut saya meski ini bukan musim gugur. Warna hutan seperti didominasi warna merah, senada dengan warna kastil yang tersusun dari bata merah. Untuk datang ke sini, harap gunakan alas kaki yang nyaman karena area yang menanjak dan berbatu. Belum lagi jika musim dingin seperti sekarang, perlu juga pelindung tubuh yang hangat agar nyaman selama di sini.

(4). Skulpturenmuseum

Tampak depan

Tertarik dengan koleksi perupa? Silahkan datang ke museum ini!

Museum ini merupakan koleksi dari tokoh perupa tersebut.

Boleh dikatakan skulpturenmuseum semacam galeri seni rupa dari karya perupa ternama. Adalah Fritz Koenig (1924-2017) yang ahli dalam membuat karya seni patung dan produktif semasa hidupnya. Karyanya juga dikenal di berbagai negara dan mendapatkan penghargaan. Tempat ini menjadi koleksi berbagai karya terbaiknya. Untuk masuk, pengunjung dikenakan biaya.

(5). Basilika Santo Martin

Basilika Santo Martin (kiri) dari atas.

Basilikia Santo Martin memiliki menara tertinggi di Bavaria. Bahkan menara ini begitu terlihat menonjol jika dilihat dari atas, kastil Trausnitz.

(6). Gereja Katolik St. Jodok.

Tampak Gereja Katolik St. Jodok (kanan).

Terakhir, saya melihat Gereja Katolik St. Jodok yang lokasinya berdekatan dengan Christkindlmarkt. Gereja ini juga bergaya backsteingotik, dimana tersusun dari bata merah yang indah.

Lain waktu saya akan mengamati area kota tua yang masih indah, dipenuhi bangunan abad pertengahan dan di sisi lain oleh bangunan moderen.

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: , , ,

5 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s