FOOD

Borjùpaprikà Galuskàva, Veal Stew with Galuska: Kuliner Budapest, Hungaria (2)

 

 

Borjùpaprikàs Galuskàva.

Coca cola dan teh hijau.

Kami kelaparan begitu tiba dari Jerman. Akhirnya berjalan tak jauh dari hotel, tempat kami menginap ada sebuah restoran di sudut jalan yang terlihat unik. Namanya KIRÀLY 100 Gastro Corner, Budapest. Anda bisa mencarinya sendiri yang letaknya berdekatan dengan wilayah hotel dan penginapan.

Konsep restorannya instragamable buat anak muda sehingga tempat ini tak pernah sepi dikunjungi. Ada barnya juga di dalam jika tak ingin makan apa pun. Lalu di sudut restoran, ada banyak tempelan mata uang berbagai negara. Ternyata pernah ada orang Indonesia juga makan di situ dan menempelkan selembar seratus ribu rupiah. Karena banyak orang, saya enggan mengambil foto sudut aneka uang tersebut.

Untuk pesanan saya, anda bisa lihat di artikel ini. Sedangkan kali ini, saya mengulas jenis makanan Hungaria yang terkenal dengan paprikanya. Makanan ini dipesan suami saya, Borjùpaprikàs Galuskàva. Ini semacam pot yang berisi potongan galuskàva dengan goulasch.

Baca https://liwunfamily.com/2017/12/29/gulyasleves-piros-labas-dan-tejfolos-ubokasalata-budapest-hungaria-1/

Galuskàva ini bisa dibilang semacam spätzle jika di Jerman dan sekitarnya. Si pramusaji menjelaskan dalam bahasa Inggris, ini semacam dumpling. Menurut saya, ini seperti mie telor atau pasta bagi kebanyakan orang Italia. Di Hungaria, mereka membuat galuskàva sebagai hidangan yang disantap bersama goulasch atau sup paprika.


Sedangkan borjùpaprikàs adalah nama lain dari goulasch paprika. Ini berisi potongan daging sapi, irisan paprika dan tomat yang disertai krim berbumbu seperti goulasch dan dimasak hingga daging melunak. Saya tanya ini ke rekan kerja suami dulu yang memang berasal dari Hungaria. Membuatnya pun mudah asalkan kita sudah punya bumbu kemasan. Dalam buku menu, masakan ini dalam bahasa Inggris disebut ‘veal stew with galuska‘ yakni daging yang direbus bersama mie.

Mereka yang suka foto-foto dijamin suka dengan suasana restoran yang menarik mata.

 

 

Ada bar juga dan tempelan berbagai mata uang, termasuk selembar seratus ribu dari Indonesia.

 

Bon dan alamat restoran mungkin bisa dikunjungi. Tertulis dalam mata uang HFU, mata uang Hungaria namun saya bisa membayar dengan Euro.

Hungaria terkenal dengan citarasa makanan paprika, bahkan beberapa tempat bisa dinamakan paprika seperti hotel atau restoran. Karena kuliner Hungaria juga dikenal mendunia, Budapest menawarkan tur gastronomi untuk mencicipi kuliner mereka.

Berdasarkan informasi dari tour guide kami, makanan Hungaria memiliki citarasa yang dekat dengan Austria dan Mediterania. Sementara untuk jajanan kue-kue begitu mirip dengan Perancis. Petualangan rasa saya belum berakhir, nantikan cerita kuliner saya yang lain.

Selamat Tahun Baru 2018! Happy New Year! viel Glück🎉🎊

Advertisements

3 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.