TRAVELING

10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi: Budapest, Hungaria (3)

Heroes square, landmark kota Budapest.

 

Begini serunya menikmati paket sightseeing city yang ditawarkan pihak hotel, kami tidak perlu berlelah-lelah membawa mobil sendiri atau berjalan kaki. Di Budapest, kami memang tak ada pengalaman naik bus atau kendaraan umum lainnya. Padahal jika dilihat, kendaraan umum seperti trem itu menarik buat bergaya di foto. Sayangnya, kami melewatkan itu semua.

Berikut kami bagikan tempat wisata yang berhasil dikunjungi di Budapest.

1. Basilika St. Stephan

Basilika St. Stephan, berdekatan dengan area pasar Natal di sekitarnya.



Basilika St. Stephan adalah wajib dikunjungi karena memilik arsitektur yang megah. Tak ada informasi yang pasti berapa jumlah pemeluk agama di Hungaria. Menurut tour guide kami, identitas agama adalah hal yang pribadi di Hungaria. Jika kita melamar kerja, tak perlu mencantumkan agama. Namun pastinya, bila Paus pemimpin agama Katolik singgah ke Budapest maka beliau pasti menyelenggarakan misa di sini.

Beruntungnya kami saat tiba di Budapest, di dekat Basilika ada pasar Natal yang meriah. Saya berusaha mengupload video berdurasi 3 menit tentang pertunjukkan instrumen lampu di depan Basilika yang bertemakan Natal, namun sayangnya tak bisa karena kapasitas internet yang belum memadai.

Untuk memasuki Basilika, pengunjung memberikan sukarela atau 200HUF per orang. Di sini seperti layaknya Basilika lainnya, dipenuhi berbagai benda-benda rohani yang indah.

Bila anda mengunjugi Basilika St. Stephan sebaiknya anda datang tidak di waktu sore sekitar jam 16.00 di musim dingin. Karena di dalam Basilika gelap, hanya cahaya beberapa lampu saja. Datanglah siang hari sehingga anda bisa menyaksikan keindahan di dalam! Untuk toilet umum, ada di samping Basilika dengan membayar 250 HUF. Sebagai tempat ibadah, taati dan patuhi apa yang menjadi aturan di dalam!

 

2. Heroes square (Hősök tere)

Tempatnya selalu ramai untuk berfoto.

 

Indah ‘kan di kala senja!

 

Heroes square bagi saya merupakan tempat yang wajib dikunjungi saat ke Budapest. Pertama, tempat ini gratis alias tak berbayar. Kedua, tempat ini menarik untuk dijadikan spot foto. Terbukti, tempat ini selalu ramai pengunjung hanya untuk berfoto. Ketiga, alangkah indah jika pengambilan foto dilakukan kala matahari hampir terbenam. Selain itu, di kedua sisi dari tempat ini ada bangunan yang indah. Di sisi kanan adalah Palace of Art dan di sisi kiri adalah Museum of Fine Arts.

Heroes square adalah monumen bersejarah dan menjadi icon bagi kota Budapest. Ini sebagai tempat yang penting bagi bangsa Hungaria untuk menghormati jasa para pahlawan mereka. Ini boleh dibilang sebagai alun-alun kota Budapest dan juga landmark kota. Konon, tempat bersejarah ini selesai dibangun pada tahun 1900. Setiap patung di tempat ini memiliki makna tersendiri.
3. Castle Garden Bazàar (Vàrkert Bazàrban)

Naiklah ke atas maka anda akan melihat kota Pest di seberang sungai!

 

Instagramable ‘kan?

 

Tempat ini berada di sisi Buda dari kota Budapest. Bangunan ini sungguh indah menurut saya, tidak hanya karena arsitekturnya saja yang menarik namun lokasinya berhadapan di depan sungai Danube. Awalnya, bangunan ini replika dari bazaar atau pusat perbelanjaan di sisi kota Pest. Seiring berjalannya waktu, bangunan ini malah seperti tidak sesuai dengan tujuannya semula. Memang bangunan ini sendiri berada di kaki Buda Castle.

Di sekitar tempat ini, banyak kafe dan restoran eksklusif yang menawarkan romansa suasana pinggir sungai Danube. Saya malah lebih suka dengan spot foto dari tentara raksasa yang mengambil tema perang di sisi luar. Rupanya patung berada di lokasi gedung exhibition.

Jika anda suka museum dan tempat bersejarah, tempat ini wajib dikunjungi. Siapkan kamera anda untuk memotret keindahan di sekitarnya. Selain itu, tempat ini memerlukan energi yang cukup untuk mendaki ke atas. Pastikan alas kaki anda nyaman untuk berjalan!

4. Parlament (Parliament)

Dari kejauhan, seberang sungai.

 

Dari dekat.

 

Patung atas jelas, seorang pria menunggang kuda. Patung bawah menurut informasi tour guide, Paus pemimpin Gereja Katolik memberikan topi kehormatan kepada Raja Hungaria. 

 

Gedung parlamen di Budapest menjadi daya tarik tersendiri saat malam hari. Cahayanya yang berkilau keemasan seperti menampilkan gedung ini berlapis emas. Sesungguhnya tidak, saat saya mendapati gedung parlemen ini di siang hari. Gedung ini bergaya neo-gothic dan menjadi bangunan termegah, terluas dan tertinggi di Budapest.

 

5. Buda Castle (Vàr)

Melihat kerumunan orang menuju kastil membuat kami mengurungkan niat ke atas. Kesan mereka yang mengunjungi kastil, tempatnya berkesan sekali.

 

Kastil berkubah baroque dari kejauhan.

 

Bangunan ini tak sempat kami jejaki karena dua kali berturut-turut kami datang selalu kedapatan penuh dan padat pengunjung. Padahal saya tertarik dengan keterkaitan sejarah di masa lalu antara kerajaan Hungaria dengan Jerman di abad pertengahan. Oh ya, bangunan ini juga menjadi warisan dunia yang diakui UNESCO.

Dari kejauhan,  bangunan tempat tinggal Raja Hungaria ini terlihat seperti bergaya baroque. Dari penelurusan informasi dikatakan, bangunan ini selesai dibangun pada tahun 1265. Sempat terjadi beberapa kali renovasi, namun tetap Kastil ini menjadi bangunan terindah di Budapest.

Jika anda tertarik dengan kastil ini, sebaiknya anda mendaftarkan di paket tur khusus dan terpisah. Tentu untuk mengunjungi tempat ini, anda perlu membayar tiket masuk yang tak murah. Namun pastinya kastil ini benar-benar indah.

6. Great Market Hall (Fővàm tèr)

Cari sovenir khas Hungaria? Di sini tempatnya!

 

Great market hall adalah pasar terbesar di kota Budapest dan menjadi salah satu pasar rakyat termegah. Bangunan yang memiliki tiga lantai ini bercirikan neo-gothic pada tampak luar. Konon bangunan ini sudah ada sejak abad 19 dan menjadi destinasi wisata favorit turis yang datang ke Budapest. Apalagi yang dicari selain sovenir dan kuliner Hungaria yang dapat anda temukan di sini.

Pasar ini tutup di hari minggu seperti layaknya di Jerman dan Austria. Siapkan kantong belanja bila anda ingin membeli sesuatu di sini!

7. Citadella

Patung liberty, berfigur sosok perempuan.

 

Citadella (kanan) seperti benteng pertahanan.

Citadella berasal dari kata Hungaria yang berarti benteng. Kami tiba di sini dengan suami untuk berganti bus dan melanjutkan wisata selanjutnya. Tempat ini sebenarnya adalah benteng pertahanan yang berada di atas bukit dan dibangun untuk kepentingan militer.

Namun bagi saya yang menarik adalah Liberty statue.  Patung ini berada di sini. Patung ini berupa figur seorang perempuan dengan kedua tangan menengadah ke atas memegang daun palem. Ini adalah simbol kebebasan dan kemerdekaan. Lokasi ini berada di kota Buda dan di atas bukit. Pastikan anda perlu alas kaki yang nyaman untuk menanjak.

8. Margaret Island (Margit hìd)

Berada di jembatan penghubung antara kota Pest dan Margaret Island.

 

Berada di Margaret Island.

 

Pulau kecil ini terletak di tengah sungai Danube. Anda akan melihat keindahannya di malam hari dengan mengikuti river boat tour. Dari informasi tour guide dikatakan terdapat gereja Katolik yang indah karena dulunya di pulau kecil ini terdapat biara. Saya tidak menyadari sepenuhnya bila berada di Margaret Island karena letaknya yang seperti berdekatan.

9. The chain Bridge (Szèchnyi Istvàn tèr)

Jembatan gantung yang indah.

 

Jembatan ini merupakan penghubung kedua kota, Buda dan pest dari sisi barat dan timur. Ini semacam gantung yang megah dan indah di bawah kaki kastil Buda. Jembatan memiliki konstruksi yang menawan dan menjadi jembatan permanen pertama yang menghubungkan Budapest.

10. Opera

Gedung opera utama.

 

Gedung opera yang lain.

 

Hungaria adalah negara kedua di Eropa yang masih mempertahankan gedung pertunjukkan opera di saat banyak orang moderen meninggalkannya. Negara pertama yang masih mempertahankan pertunjukkan opera tentu saja Perancis. Jika suka, anda bisa sesekali melihat pertunjukan opera dan menyesuaikan dengan jadwal kunjungan anda di sini.

Sebelumnya baca dulu dulu saran dari kami jika ke sana. 

Baca https://liwunfamily.com/2018/01/03/10-saran-berkunjung-budapest-hungaria-2/

Apakah anda tertarik mengunjungi kota Budapest? Semoga bermanfaat!

Advertisements

15 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.