Makanan Khas Asia (4): Nasi Goreng Bebek dan Mie Goreng Daging Sapi

Reis gebraten mit Ente.

 

 

Nudeln gebraten mit Rindfleisch.

Makanan Asia apalagi yang bisa dijumpai di Jerman boleh dikatakan banyak variasinya. Kali ini saya kedatangan seorang teman asal Indonesia yang sama-sama rindu masakan Asia. Kami pun mampir di restoran Asia di pinggiran Bavaria. Mungkin mencicipi kuliner di tanah perantauan mengobati rasa rindu masakan tanah air.

Setelah lihat daftar menu, pilihan saya jatuh pada menu mirip nasi goreng bebek. Nama makanan berikut dalam bahasa Jerman disebut reis gebraten mit Ente. Pemilik kedai dengan ramah menyambut kami seraya menjelaskan menu masakan yang ingin kami coba. Sudah lama tidak makan bebek, tentu ini bukan nasi bebek ala Madura yang terkenal dengan sambalnya yang pedas.

Reis gebraten mit Ente adalah sepiring nasi goreng yang disertai sayuran seperti wortel, brokoli dan buncis di dalam nasi yang digoreng. Lalu ada campuran telur seperti layaknya nasi goreng. Sebagai topping, diberi potongan daging bebek yang digoreng krispi. Renyah, gurih dan enak sekali! Meski tak ada rasa pedas sama sekali, namun rasanya cukup memuaskan. Pramusaji pun menghidangkan sambal tambahan di meja.

Lain nasi goreng lain pula mie goreng yang dipesan teman saya. Sebagai penyuka mie goreng, makanan berikutnya sesuai dengan kerinduannya mencicipi masakan tanah air. Nudeln gebraten mit Rindfleisch ini semacam mie goreng dengan berbagai sayuran di dalam. Ada potongan telur dadar dalam campuran mie. Sesuai namanya, potongan daging sapi dicampur bersamaan mie.

Kedua jenis makanan di atas dapat memuaskan keinginan kami mencicipi kuliner Asia. Untuk minumannya, kami berdua yang masih kedinginan akibat cuaca di luar memutuskan minum teh hangat. Sembari menikmati teh dan menyantap masakan Asia, kami pun berdua ngobrol dalam bahasa Indonesia. Dan sekitar kami pun memperhatikan dengan seksama.

Bagaimana santapan anda hari ini?

6 thoughts on “Makanan Khas Asia (4): Nasi Goreng Bebek dan Mie Goreng Daging Sapi

Leave a comment