TRAVELING

Synagoga Terbesar di Eropa dan Komunitas Yahudi: Budapest, Hungaria (6)

Synagoga Dohany.

 

Synagoga Dohany dengan menaranya yang menjulang tinggi.

 

 

Penawaran wisata.

 
Budapest adalah salah satu kota yang memiliki komunitas Yahudi terbesar di Eropa Tengah. Itu sebab di Budapest ada tawaran paket tur untuk mengenal lebih dekat komunitas Yahudi dan tempat-tempat bersejarah yang sangat penting bagi perkembangan keyakinan mereka.

Sebagaimana yang saya ceritakan sebelumnya tentang legenda sepatu di sungai Danube, di Budapest di masa lalu juga dihuni komunitas bangsa Yahudi. Namun pada dasarnya, Hungaria menganggap agama atau keyakinan seseorang adalah hal yang pribadi. Saya jadi ingat teman asal Hungaria di Jerman pun tak pernah bertanya keyakinan kami, begitu pun sebaliknya.

Baca https://liwunfamily.com/2018/01/08/legenda-sepatu-di-pinggir-sungai-danube-budapest-hungaria-4/

Sebagai bukti banyaknya populasi kaum Yahudi di Budapest, anda bisa mendatangi synagoga atau tempat ibadah bagi mereka yang memeluk keyakinan Yahudi. Begitu megah dan menawannya synagoga (zsinagòga) maka tempat ini dijadikan objek wisata. Salah satu destinasi paket sightseeing city yang ditawarkan. 

Tak hanya menawan saja, synagoga di Budapest ini diklaim merupakan yang terbesar di Eropa. Berada di pusat kota dan area turis menyebabkan banyak wisatawan pun datang menyambanginya. Seperti mereka pun datang mengunjungi Basilika St. Stephan.

Namanya synagoga Dohany yang dibangun antara tahun 1854 – 1859 oleh seorang arsitek Austria. Disebut terbesar karena mampu menampung umat hingga tiga ribu orang. Menaranya yang tinggi menjulang, begitu mudah dikenali di Budapest.

Untuk menunjukkan keberadaan komunitas Yahudi dan sejarahnya, ada tawaran paket wisata untuk mengunjungi tempat-tempat esensial seperti museum, pemakaman orang Yahudi, pusat kebudayaan hingga restoran yang menawarkan sajian istimewa. Jika tertarik, wisata dimulai dari synagoga Dohany dengan pilihan terbatas yang lebih murah atau pilihan komplit dengan harga lebih mahal. Ada harga spesial juga untuk mahasiswa.

Semoga bermanfaat!

Advertisements

6 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s