Pada dasarnya dalam pribadi setiap orang, selalu ada sisi humor dan kekanak-kanakkan yang membawanya untuk senang bermain. Intinya, semua orang senang bermain.

Bermain bagi orang dewasa bukan berarti menunjukkan dia adalah pribadi kekanak-kanakkan. Bisa jadi bermain adalah caranya menghibur diri di tengah kepenatan aktivitas yang rutin dan membosankan. Itu sebab bermunculan spielehalle dalam bahasa Jerman, atau arena bermain di sini.

Awalnya saya berpikir ini adalah tempat bersenang-senang dan “membuang” uang. Semacam tempat mencari keuntungan melalui permainan, jika beruntung anda akan mendapatkan keuntungan. Nyatanya ini adalah tempat bagi mereka menghibur diri melalui permainan, melatih konsentrasi tetapi juga memberi rileksasi diri.

Suatu kali, suami saya kebelet dengan urusan toilet. Diputuskan, kami menuju ke spielhalle terdekat. Saya menolak, saya tidak suka karena semula berpikir tempat itu semacam arena berjudi. Namun suami saya berargumen bahwa sebaiknya saya melihat dan mengalami langsung sebelum menilai. Akhirnya kami pun ke sana.

Untuk bisa ke toilet dan membuka pintu, kita harus bermain di salah satu mesin games. Pintu toilet tidak akan terbuka. Akhirnya koin 2€ dimasukkan di salah satu mesin, suami menyalakan mesin otomatis tanpa bermain. Saya dimintanya mengamati sekitar, bahwa penilaian saya salah. Tempat ini bukan kasino atau area berjudi.

Tak lama datang petugas menanyakan identitas kami berdua. Identitas ini diperlukan petugas jika pertama kali datang. Dengan begitu jika sering datang tak perlu dimintai. Lagipula mereka yang merasa kalah dalam permainan dan kemudian merusak mesin permainan atau membuat kegaduhan tentu akan dilarang lagi. Itu sebab kartu identitas diperlukan.

Kartu identitas juga menunjukkan usia yang boleh masuk ke area spielhalle. Sebagai catatan, ini arena bukan untuk anak-anak. Tentu mereka juga punya area spielhalle untuk anak-anak. Permainan pun pastinya berbeda antara anak-anak dengan orang dewasa.

Jika anda datang mencari keuntungan di Spielhalle, anda salah besar. Di sini kita bisa bermain games, melatih diri untuk rileks dari ketegangan hidup. Namun tidak menutup kemungkinan jika si pemain ahli dan berhasil menang dalam permainan, mungkin saja bisa mendapatkan uang kembali.

Dari pengalaman ini saya mendapat gambaran bahwa sesungguhnya bermain disukai semua orang. Arena bermain untuk anak-anak seperti yang pernah saya ulas sesungguhnya diperlukan juga agar anak-anak merasa senang.

Demikian pula spielhalle, arena bermain untuk orang dewasa agar mereka bisa menghibur diri melalui mesin permainan. Intinya adalah bahwa bermain itu menyenangkan. Bermain itu menghibur diri bahwa hidup itu tak selalu serius dan menegangkan.

Ada pendapat?