Hungaria (1): Mau Tahu 4 Alasan Orang Berkunjung ke Budapest

wp-image-679459984

Berkali-kali membahas Budapest memang tak habis, karena menawarkan pesona bagi mereka yang penasaran dengan keindahan kotanya. Saya pun baru tahu jika Hungaria adalah salah satu negara tertua di Eropa. Menarik sekali!

Dibalik itu semua, tentu anda juga penasaran mengapa banyak turis senang datang ke Budapest. Saya merangkum hasil pengamatan saya berikut.

1. Alasan sejarah

wp-image-388694448

Jejak sejarah ditemukan bahwa sudah ada kehidupan jaman Batu Tua sekitar abad 2 sebelum masehi di sini. Itu artinya sudah ada kehidupan di sekitar dua sisi sungai danube. Setelahnya berkembang peradaban manusia mulai dari kebudayaan romawi di sekitar Buda, hingga pendirian kerajaan monarki.

Masih juga tersimpan di sudut kota, bahwa kerajaan Otoman Turki pun pernah menjadikannya koloni. Bahkan dari sisi pendidikan, kota ini sudah mendirikan universitas sebagai sentra mengali ilmu di abad 18. Berangsur-angsur Budapest juga menjadi saksi sejarah pada perang dunia dan sempat mengalami krisis ekonomi. Jika anda datang ke Budapest, tiap sisi di sentra kota menyimpan sejarah masa lalu yang masih dijaga dengan baik. Menarik ‘kan!


2. Bangunan arsitektur

wp-image-245202031

wp-image-1301004262

Jika anda menyempatkan datang ke Aquincum, di sana masih terpelihara situs koloseum sama seperti di Roma. Ini semacam amphiteather, yakni pertunjukan gladiator pada masanya. Ini adalah bukti peninggalan arsitektur kebudayaan romawi.

Gaya bangunan lain juga dipenuhi bergaya gothic atau neo-gothic seperti pada gedung parlemen yang indah itu. Tak hanya itu, kota ini juga dipenuhi bangunan bergaya renaisance seperti pada Basilika Santo Stephanus dan gedung opera.

Di sudut lain, anda juga bisa menyaksikan keindahan gaya baroque. Gaya ini didominasi oleh bangunan Gereja Katolik, seperti Gereja Santa Anna di Margaret Island. Bangunan baroque yang menarik mata lainnya adalah the Royal Palace.

Lihat betapa kota ini indah dipenuhi berbagai gaya arsitektur yang cantik! Ada pula gaya arsitektur klasik yang juga sama cantiknya. Salah satu bangunan bergaya arsitektur klasik seperti pada Hungarian National Museum.

3. Wisata kuliner atau gastronomi

wp-image-964941421

Di sini anda setidaknya mencoba goulash yang sudah mendunia. Lalu setiap paket tur yang ditawarkan, ada selipan wisata kuliner juga. Kota ini juga dipenuhi berbagai kedai restoran dan kafe dengan romansa suasana yang indah. Untuk mencicipi kuliner lokal, saya sarankan anda datang ke Central Market Hall. Ini semacam pasar tradisional yang megah.

Saat saya dan suami datang untuk bertemu kolega suami di sini, rasanya percuma kami bawa hadiah wine karena konon di sini adalah salah satu tempat mencicipi wine terenak di dunia. Jika anda penyuka wine, anda harus coba juga. Oh ya, tak perlu khawatir jika penasaran dengan wisata kuliner karena ada beberapa paket tur wisata kuliner di sini.

4. Spa-Sauna dunia

Jika anda datang ke Budapest, setidaknya sediakanlah satu hari untuk rileks di permandian air panas. Anda tidak akan menyesal datang ke Budapest hanya untuk itu. Bahkan di Budapest sendiri ada 15 tempat spa dan sauna terkenal yang bisa dicoba. Nikmatilah hari-hari anda di Budapest dengan mencobanya.

KESIMPULAN

Itu tadi empat alasan hasil pengalaman dan pengamatan kami selama di Budapest. Semoga membantu anda untuk mendapatkan gambaran soal wisata di sana. Selamat berkunjung!

3 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.