FOOD

Szechuan Art-Hühnerfleisch: Makanan Asia di Jerman (8)

Szechuan-Art Hühnerfleisch.

 

Bersama nasi putih.

 

Makanan berikut yang saya perkenalkan lebih tepatnya berasal dari negeri Tiongkok. Nama makanannya berasal dari salah satu provinsi di sana, ya Szechuan. Di wilayah ini  merupakan area gastronomi dari kuliner Tiongkok. Itu sebab kota ini mendapatkan pengakuan sebagai kota gastronomi tahun 2011. Wow! Makanan di wilayah ini terkenal dengan citarasa yang pedas memikat.

Salah satu makanan yang saya coba adalah jenis makanan olahan daging ayam dengan saus ala Szechuan. Begitu terkenalnya saus ini, bahkan jika anda berkunjung ke Tiongkok maka anda juga bisa membeli burger di gerai McDonalds dengan rasa saus Szechuan. Pastinya, makanan dengan saus ini terkenal pedas.

Saya sedang tidak berada di Szechuan, namun saya ada di salah satu restoran selera Asia di Jerman. Saya pesan makanan ini karena penasaran dengan nama menu ini.

Selang memesan menu ini, pramusaji pun menghidangkannya di hadapan saya. Makanan olahan daging ayam ini terasa indah dilihat karena ada banyak warna yang menggugah selera makan saya. Tak hanya itu, makanan ini ternyata pedas seperti yang tertulis dalam daftar menu makanan bahwa makanan ini dikenal berasa pedas. Di restoran di sini, ada beberapa menu yang diberi informasi bilamana makanan ini pedas rasanya.

Apa yang membuat rasa saus pada makanan ini berasa pedas? Rupanya tidak hanya cabai saja yang digunakan untuk membuat sausnya. Saus Szechuan menggunakan juga irisan jahe dan tambahan merica. Pantas saja rasanya demikian pedasnya. Ini benar-benar meningkatkan nafsu makan saya. Selain itu membuat tubuh terasa hangat karena di luar salju turun lebat sekali.

Daging ayam yang dipilih adalah fillet dan tanpa tulang. Lalu sayuran yang dipilih seperti layaknya di restoran Asia pada umumnya seperti wortel, brokoli, jamur, tauge, mentimun. Rasa makanan ini tak pula manis atau asin, namun pedas. Dan yang paling menarik dari makanan ini adalah saya menemukan beberapa kacang mede di dalam masakan. Hmm, menarik ya!


Makanan ini begitu nikmat disantap bersama nasi hangat. Jika tertarik mencoba, silahkan saja temukan saus Szechuan di supermarket dan praktik memasak di rumah!

 

 

 

 

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.