ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tiga Makna Pelihara Ikan Menurut Kepercayaan

Salah satu akuarium di restoran citarasa Asia.

 

Akuarium di restoran lain tampak di kanan.

 

Saya sudah mendatangi banyak restoran Asia di sini. Satu kecenderungan yang menarik adalah mereka memelihara ikan di restoran. Ikan dalam akuarium diletakkan di tengah restoran. Akuarium ini sendiri bisa terlihat sebagai bagian dari keindahan penataan restoran sehingga menarik.

Namun di sisi lain, saya mengamati makna pemeliharaan ikan yang sebagian besar hampir ada di restoran Asia di sini. Boleh percaya boleh juga tidak hasil pengamatan saya. Namun dari sini, saya tertarik dan  ingin tahu makna memelihara ikan sesungguhnya.

Saya pernah menuliskan hasil wawancara saya tentang bagaimana merawat dan menjadikan ikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Tipsnya bisa dilihat di sini.

1. Simbol keberuntungan.

Ada yang bilang memelihara ikan menjadi simbol pembawa keberuntungan. Ikan-ikan yang dimaksud seperti arwana atau ikan lou han misalnya. Untuk jenis ikan yang memberi keberuntungan bisa tanyakan langsung kepada ahlinya. Namun saat saya tanya mengapa memelihara ikan di rumah pada seorang teman asal Vietnam. Dia pun menjawab karena ikan memberi simbol keberuntungan.

2. Mendatangkan rejeki.

Tak hanya di sini, seingat saya bahwa di Indonesia saya pun kerap beberapa kali makan di restoran tradisional. Saya pun mendatangi restoran yang ternyata juga memelihara ikan di area restoran. Entah sebagai kolam hias atau benar-benar memelihara ikan untuk dipelihara dan dihidangkan sebagai pesanan konsumen. Apakah anda memperhatikan hal itu? Saat saya tanya pada teman tersebut yang memelihara ikan, dia pun menyetujui bahwa memelihara ikan bisa dikatakan mendatangkan rejeki.

3. Menjaga vitalitas dan keseimbangan usaha termasuk memberi kesuksesan.

Boleh percaya boleh juga tidak. Teman saya yang sedang studi di sini memelihara ikan dikarenakan simbol kesuksesan dan keberhasilan bagi seorang pelajar. Air merupakan elemen yang vital dalam kehidupan manusia. Menempatkan akuarium yang berisi air dan ikan dipercaya memberikan energi positif yang menyeimbangkan. Dengan begitu, ini memungkinkan kesuksesan dan keberhasilan dalam hidup teman saya. Begitu mungkin makna penempatan akuarium di restoran yang menjadi harapan pemiliknya.

Kepercayaan merupakan tradisi dan keyakinan masing-masing orang. Tidak bisa digeneralisasikan apa yang saya jelaskan di atas. Bagaimana pendapat anda? Bagikan di kolom komentar pengalaman anda jika ada!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s