Sungai Inn jadi pembatas Jerman dan Austria. Di seberang sungai adalah Austria, sementara saya berdiri di wilayah Jerman.

Sungai Inn dan Dom St. Stephan di Passau.

Papan informasi.

Masih ingat cerita tentang Kota Passau yang dijuluki Kota Tiga Sungai? 

Kali ini saya menghampiri sungai Inn yang juga menuju ke Passau. Sungai Inn dijuluki sungai tiga negara yang bermuara dari sungai Danube. Sungai ini melalui Swiss, Jerman dan Austria.

Saya pun menjangkau sungai Inn di perbatasan Jerman dan Austria. Rupanya air sungai ini pun dijadikan sumber energi PLTA, Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Air sungai jadi sumber energi PLTA, pembangkit listrik tenaga air.

Pemandangan di sekitar sungai yang indah. 

Nama Inn dari berbagai literatur yang saya baca berasal dari budaya Celtic yang diterjemahkan menjadi air. Sungai ini menjadi begitu menarik karena melewati wilayah kelahiran tokoh ternama dunia yakni Paus Benedictus XVI di kota Marktl, di Jerman dan Hitler, di Austria. 

Baca https://liwunfamily.com/2017/11/24/braunau-am-inn-austria-kota-kecil-tetapi-nilai-sejarahnya-besar-1/

Selain itu, sungai Inn juga mempesona bagi siapa pun yang melihatnya. Di sekitar sungai dijadikan promenade bagi banyak orang untuk jalan kaki atau membawa anjing peliharaan untuk jalan-jalan. Menariknya di bibir sungai disediakan bangku kayu untuk menikmati sisi sungai. Pemandangan indah Inn lainnya bisa terlihat di Kota Innsbruck dengan jembatan terindah sebagai penghubung sungai.

Sayangnya saya tidak mendokumentasikanya ketika di kota Innsbruck, Austria. Sungai yang panjangnya mencapai lebih dari 500 kilometer ini merupakan anak sungai Danube yang menuju ke Laut Hitam. Begitulah hasil penelurusan saya.

Semoga bermanfaat!