ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Strategi Optik Konvensional Di Tengah Maraknya Optik Online

Ilustrasi.

Berikut saya bagikan pengalaman saat membeli kacamata. Mungkin ini strategi yang bisa ditiru dari optik konvensional di Jerman agar pembeli bisa beli kacamata.

Di Indonesia, saya tidak pakai kacamata. Mata saya masih sehat dan baik. Dengan pekerjaan yang baik, kacamata pun ditanggung asuransi di Indonesia. Bahkan dengan asuransi saya di Indonesia, saya bisa membeli kacamata berharga jutaan dengan limit sekian yang ditentukan.

Berangsur di Jerman, mata saya tidak sesehat dulu. Karena aktivitas yang intens dengan membaca dan menulis, mata saya pun luluh dan perlu kacamata minus. Jika melihat huruf di papan tulis dari jarak jauh di kelas, saya sudah tidak bisa membacanya dengan jelas. Nasib, akhirnya saya pun harus periksa mata.

Di Jerman, asuransi saya tidak mencakup pembelian kacamata, hanya dokter mata saja. Karena penasaran dengan kebutuhan mata saya maka saya putuskan untuk periksa mata di optik. Saya pikir tidak perlu ke dokter mata jika hanya untuk mengetahui kebutuhan kacamata yang diperlukan. Itu pemikiran saya.

Di Indonesia, saya mengenal optik yang dikunjungi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sekedar periksa mata saja. Perkara membeli di tempat, itu urusan belakangan. Demikian pemikiran saya ketika periksa mata di sini.

Di Munich, saya periksa mata di salah satu optik langganan suami saya. Suami pernah membeli kacamata bermerek untuk keperluannya. Harganya lumayan sekitar 650€ beberapa tahun lalu. Karena berpikir sudah kenal baik dengan staf di sana, maka saya pikir saya pun bisa periksa mata gratis.

Saya salah besar jika bisa periksa mata gratis, meski kami sudah kenal baik dengan karyawan di situ. Menurut kolega di optik tersebut, kebanyakan pelanggan datang hanya periksa mata saja tanpa membeli kacamata dikarenakan periksa mata tidak dihitung biaya. Kemudian pelanggan yang datang hanya periksa saja tetapi membeli di toko lain atau toko online yang berharga lebih murah.

Lalu berangsur dengan bermunculan toko online membuat optik punya strategi jitu. Jadi periksa mata tanpa membeli dikenakan deposit 20€. Jika anda sudah mengetahui jenis kacamata yang dibutuhkan, lalu datang kembali ke optik yang sama untuk membeli kacamata maka anda mendapatkan potongan harga 20€. Alias uang anda kembali ketika anda datang untuk membeli kacamata di optik tersebut.

Pengalaman menarik. Menurut saya ini semacam strategi optik konvensional untuk mempertahankan biaya operasional mereka. Sebagaimana kita ketahui bermunculan toko online terkadang membuat daya saing pun terjadi antara toko konvensional dan toko daring.

Bagaimana pengalaman anda yang lain?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s