OPINION

5 Cara Bangkitkan Semangat Hidup

Pernah putus asa dan tak bergairah dalam hidup? Mungkin disebabkan kematian, putus cinta, gagal dalam ujian, ditinggalkan orang yang dikasihi atau berbagai penyebab lainnya.

Mungkin anda tidak sendiri, ada jutaan manusia di luar sana yang juga mengalami hal yang sama. Mereka pun pernah mengalami dan berhasil melaluinya dengan baik.

Bagaimana cara membangkitkan semangat hidup agar tetap bergairah menjalani aktivitas selanjutnya?

Berikut hasil wawancara saya dengan beberapa teman berkaitan pengalaman hidup mereka. Siapa tahu anda berhasil mencobanya?

 

1. Berdoa

Sebagian besar hidup kita adalah kehendak Tuhan. Tuhan mengetahui apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Bisa jadi kebutuhan itu adalah yang terbaik buat kita.

Berdoa bukan hal yang sulit dilakukan. Diperlukan niat dan kondisi yang tenang agar kita dapat khusyuk berdoa kepadaNya. Sampaikan ‘uneg-uneg’ yang terpendam dalam hati kita, agar menjadi lega. Berdoa dengan rasa syukur dan  memohon petunjuk Tuhan atau Yang Ilahi menjadi langkah ringan buat kita untuk merasa lebih baik. Secara psikologis, berdoa memberikan kekuatan batin agar perasaan menjadi lebih positif.  Berdoa juga membangkitkan motivasi spiritual dalam hidup.

2. Baca Buku “Self Help” atau Kutipan Motivasi

Jika kita tidak punya koleksi buku-buku “self help” atau buku-buku motivasi, kita bisa mencari di internet melalui kutipan kata-kata bijaksana. Membaca buku dan kutipan motivasi diharapkan memacu semangat diri agar tidak larut dalam masalah yang dihadapi. Bahkan, kalimat-kalimat yang positif bisa kita teriakkan sebagai motivasi pembangkit diri, seperti: “Saya pasti bisa!”;Berpikirlah positif!”; “Saya berani mengambil keputusan.” Hindari kata afirmasi dengan awalan “Jangan” atau “Tidak”. Misalnya, kalimat saya tidak takut diganti menjadi saya berani.

Teriakkan lebih keras jika kita merasa kalimat-kalimat positif tersebut sangat baik untuk kita.

Tokoh dunia yang pernah hidup dan mengukir sejarah pun berawal dari titik nol dan tak selamanya mulus dilewati. Dengan membaca biografi atau sepenggal kita mereka, diharapkan kita termotivasi untuk bangkit dari kegagalan hidup sebagaimana yang mereka alami.

3. Dengarkan Musik yang Membangkitkan

Musik ternyata memberikan inspirasi dalam hidup setiap orang. Musik bisa menenangkan dan juga bisa membangkitkan, tergantung bagaimana kondisi mood yang sedang kita hadapi. 

Apa pun jenis musik yang menjadi kesukaan, pasanglah! Biarkan musik melarutkan emosi dan jiwa anda. Namun, saya sarankan untuk memainkan musik-musik dengan beat yang riang, ringan dan tidak slowly

Sebaiknya hindari musik yang mellow dan terdengar menyedihkan. Atau, jika suka pilihlah musik yang memiliki lirik membangkitkan, misalnya, the spirit carries on oleh Dream Theater Band atau jangan menyerah oleh D Masive

4. Menulis

Bagi mereka yang tak suka bercerita, menulis adalah cara yang lebih baik untuk mengungkapkan apa yang sedang dirasakan dan dialami. Tulislah segala “uneg-uneg” yang membantu untuk jadi lebih baik. Jika tak suka tulisan itu dibaca, seperti diari atau buku harian, tulisan tersebut bisa langsung dibakar atau dimusnahkan. Setidaknya menulis adalah ekspresi ungkapan hati agar kondisi lebih nyaman.

5. Bercerita

Setiap orang dalam hidupnya memiliki orang lain yang dianggap cukup dapat dipercaya untuk berbagi, termasuk kisah sedih atau pengalaman yang sedang dialami. Jika bercerita adalah perilaku yang sering dilakukan, lakukan hal tersebut agar kondisi yang dialami menjadi nyaman dan lebih baik. Minta orang yang anda percaya untuk mendengarkan kisah anda.

Semoga menginspirasi anda semua!

Advertisements

Categories: OPINION, PSYCHOLOGY

Tagged as:

11 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.