FOOD

Gebackene Ente, Dua Masakan Bebek yang Berbeda: Makanan Asia di Jerman (16)

Makanan bebek selanjutnya yang akan saya perkenalkan adalah bebek goreng bertepung krispi yang yummy.

Suatu kali saya dan seorang teman mampir ke restoran Asia untuk menikmati santap siang. Dia bertanya rekomendasi apa yang bisa saya berikan untuk menikmati menu Asia yang menurutnya baru beberapa kali dicoba.

Saat saya bertanya dalam bahasa Jerman “Willst du Gebackene Ente probieren?” Lalu dia pun menjawab “Es gehört sehr lecker, Anna. Mache ich.” Sepertinya dia pun menyetujui saat saya menawarkan bebek goreng bertepung. 

Berikut ada dua menu masakan bebek goreng bertepung namun berbeda saus dan pengolahannya. Penasaran ‘kan?

1. Gebackene Ente mit Verschiedene Gemüse

Ini semacam potongan daging bebek fillet yang diberi tepung roti. Setelah digoreng matang dan garing maka daging bebek diiris menjadi potongan kecil.

Sausnya ini terdiri dari berbagai potongan sayuran seperti wortel, tauge, paprika dan bawang bombay. Setelah ditumis sebentar kemudian ditambahkan sojasoße yang bisa dibeli di supermarket. Ini semacam namun pilih yang warnanya lebih terang. Tambahkan sedikit saja dalam sayuran. Setelah tumisan layu dan matang, hidangkan di atas piring. Tambahkan potongan bebek goreng di atas sayuran.

2. Gebackene Ente Sechuan Art, Pikant

Tak berbeda dengan menu sebelumnya, berikutnya masih dengan potongan daging bebek bertepung. Hal yang berbeda adalah isi sayuran dan saus yang digunakan. 

Untuk mengolah potongan daging bebek tetap sama seperti di atas. Setelah matang singkirkan sementara. Kini siapkan untuk sausnya. Sayuran terdiri atas wortel, buncis, tauge, dan daun bambu. Sebaiknya rebus selama dua menit untuk wortel dan buncis agar layu. 

Siapkan wajan panas, masukkan paprika, bawang bombay yang sudah diiris halus. Masukkan semua sayuran ke dalam lalu tumis. Tambahkan sojasoße namun yang berwarna lebih gelap dan sedikit cuka beras. Masak hingga layu. 

Hidangkan sayuran yang ditumis di atas piring lalu letakkan potongan daging bebek di atasnya. 

Selamat menikmati!

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , ,

6 replies »

    • Di daftar menu tentu semua berbahasa Jerman dan jarang sekali diterjemahkan ke bahasa asing lainnya. Saya menulis nama masakan sesuai yang tertera di buku menu sebagai wawasan untuk orang Indonesia saja. Nama masakan biasa saya tulis dalam sebutan asli di buku menu dengan penjabaran informasi sekaligus namanya. Misalnya, gebackene ente itu berarti bebek = ente, gebacken= panggang jadi bebek panggang. Hal yang berbeda kedua bebek panggang di atas adalah saus dan cara pengolahan sausnya yang berbeda. Rasanya pun beda. Demikian pak😊

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.