ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Nürnberg, Altstadt (2): Apa Saja Bisa Dikunjungi?

Melanjutkan cerita saya tentang kota Nürnberg atau Nuremberg, maka berikut akan dijelaskan obyek wisata yang saya kunjungi. Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa dilihat, sayangnya saya harus kembali pulang. 

Baca https://liwunfamily.com/2018/02/16/nurnberg-altstadt-1-kota-tua-yang-bersejarah/

1. Kaiserburg atau The Imperial Castle

Dari sini anda bisa melihat kota Nuremberg.

Benteng kastil.

Bendera merah putih adalah bendera kebesaran masyarakat Fränken, sedangkan di Bavaria umumnya adalah biru muda dan putih.

Lokasi pertama yang letaknya tak jauh dari hotel tempat kami menginap adalah Kaiserburg. Kami menginap di Burghotel, hotel bintang tiga yang letaknya berada di kota tua (Altstadt). Setelah sarapan, berjalan kaki lima menit maka kami sudah sampai pada bangunan yang menjulang terlihat dari bawah. Kastil dikelilingi tembok tebal sebagai benteng pertahanan, dibangun dengan batu yang kokoh.

Ada tiga lokasi di sini, yakni Kastil yang didiami Raja, bekas Kastil dan Kota tua kerajaan di masa lampau yang letaknya ada di ujung timur. Jika hanya berkeliling saja, tak ada biaya tiket masuk namun jika anda harus masuk ke area museum seperti kastil maka anda perlu membayar 7€. 

Pada abad pertengahan sekitar abad 15 dan 16 Masehi, Raja Jerman yang sudah dinobatkan oleh Paus tinggal di istana ini. Namun sesungguhnya bangunan ini pertama kali sudah didirikan sejak tahun 1000, yang kemudian dikembangkan secara bertahap apalagi wilayah ini masuk dalam kekaisaran Romawi.

Setelah mencapai kejayaannya, namun kastil ini pun mengalami berbagai perbaikan agar tetap bertahan sebagai saksi sejarah. Bahkan kastil ini pun sempat ditata kembali yang memakan waktu hampir tiga puluh tahun. Akibat perang dunia kedua, kastil ini tak luput dari korban kehancuran. 

2. Frauenkirche Nuremberg 

Frauenkirche di malam hari.

Frauenkirche di siang hari.

Altar di dalam Gereja.

Ternyata tak hanya di Munich dan Dresden saja terdapat Frauenkirche, di Nuremberg pun ada. Fraeunkirche bukan diterjemahkan sebagai Gereja khusus perempuan, melainkan Gereja ini didekasikan sebagai penghormatan kepada Bunda Maria (Our Lady).

Bangunan bergaya gothic ini berada tepat di jantung kota Nuremberg. Letaknya ada di sekitar Hauptmarkt.

Datanglah menjelang Natal, saat di depan lapangan Gereja dijadikan Christkindlmarkt maka banyak orang datang untuk melihat bayi Yesus dalam palungan yang tersohor itu. Sebagian meyakini mereka yang berdoa kepadaNya dan berharap keturunan (anak), akan terkabul doanya. 

Gereja ini juga menjadi meeting point bagi wisatawan yang ingin melakukan sightseeing di Nuremberg. Hal menarik lainnya tepat jam 12 siang kala lonceng berbunyi yang biasanya kita melambungkan “doa malaikat Tuhan.” Di depan Gereja semua orang terdiam menyaksikan lonceng berbunyi, semua aktivitas berhenti sebentar, di atas Gereja Männleinlaufen, jam mekanik berputar seperti menari yang terlihat indah dari bawah. Ini seperti di Rathaus, Munich.

3. Gereja St. Sebald 

Tampak luar.

Tampak dalam.

Organ Gereja.

Dugaan saya ini relikui Santo Sebaldus yang memang pernah tinggal di Nuremberg abad 8M.

Papan informasi bagaimana Gereja ini juga mengalami perbaikan karena perang.

Gereja Katolik ini begitu megah terlihat dari kejauhan dengan dua menara kembarnya. Gereja ini didekasikan untuk seorang misionaris dan pertapa bernama Santo Sebaldus yang pernah hidup abad 8 Masehi. Gereja ini merupakan satu dari tiga Gereja tertua dan terpenting di Nuremberg yakni Frauenkirche dan Gereja St. Lorenz. 
Gereja ini juga pernah rusak karena kekejian perang dunia kedua. Butuh waktu lama untuk memulihkannya seperti sedia kala. Bangunan bercirikan Baroque ini sudah didirikan sejak tahun 1225.

3. Gereja Katolik St. Lorenz

Gereja ketiga yang menjadi bagian terpenting di Nuremberg adalah Gereja Katolik St. Lorenz. Letaknya berada di sekitar area bisnis dan pertokoan kota Nuremberg. Gereja ini didekasikan kepada Santo Laurensius, namun kini digunakan untuk ibadah umat Protestan. 

Gereja ini pun pernah mengalami kerusakan di masa perang. Bangunan bercirikan gothic ini selesai dibangun pada tahun 1400. 

4. Hauptmarkt 

Posisinya berada di depan Frauenkirche.

Ini semacam alun-alun kota dimana kita bisa menemukan pasar tradisional yakni penjualan makanan dan berbagai kebutuhan rumah tangga melalui kedai sederhana. Berbagai kuliner jajanan street foods bisa ditemukan di sini.

5. Schönen Brunnen 

Pompa air dengan kran berukir seorang anak kecil yang indah.

Schönen Brunnen adalah air mancur terindah yang sudah ada sejak abad 14. Sayangnya di musim dingin, tentu tak bisa disaksikan. 

Di malam hari saat sightseeing bersama tour guide diceritakan suatu legenda di sekitar air mancur tersebut. Ini juga bisa jadi pompa air yang terukir seorang anak kecil. Di sekitar pagar besi ini, ada sebuah ring berbentuk cincin berbalut warna emas, terbuat dari kuningan atau tembaga. Pada suatu masa pernah terjadi pembongkaran sehingga bisa jadi cincin itu hilang. “Cincin keinginan” yang melegenda itu sudah tak ada. Namun sebagian masih percaya bahwa “cincin keinginan” itu masih ada. Barangsiapa bisa menemukannya dan memutarkannya dengan menyebut keinginan maka harapannya terkabul.

Namun di sisi lain, sang tour guide bercerita bahwa jika seorang perempuan bisa memanjat dan menemukan “cincin” tersebut. Lalu menuju ke pusat air mancur, perempuan itu akan melihat dari lubang “cincin” itu keinginannya maka akan terkabul. Dari lubang “cincin” akan terlihat seorang anak yang terukir, maka beruntung bahwa perempuan tersebut segera mendapatkan keturunan (anak). Begitulah, ada berbagai versi bermunculan.

Hingga sekarang, masih banyak orang datang kemari dan mencari “cincin keinginan” tersebut. 

Ini belum selesai. Perjalanan masih dilanjutkan berikutnya. Semoga bermanfaat!

Advertisements

4 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.