ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Kuliner Perlu Dicoba Saat Berada di Nuremberg, Jerman

Nuremberg atau Nürnberg dalam bahasa Jerman cukup dikenal publik. Konon wilayah ini sebagai kedua terbesar setelah Munich di Bundesland Bavaria. Nuremberg pun termasuk destinasi wisata bagi mereka yang ingin mengenal budaya dan tradisi, yang biasa menyebut diri mereka sendiri sebagai Fränken. 

Kunjungan saya pun pastinya diselipkan dengan wisata kuliner. Jika anda ke Nuremburg, coba rekomendasi kuliner yang saya alami di bawah ini.

Rostbratwürste 

Sosis panggang dan sauerkraut.

Suasana restoran yang cukup padat dan ramai pengunjung.

“Drei im Weckla” yang juga dibawa pulang yakni roti semmeln dan tiga sosis panggang.


Menurut penjelasan tour guide, rostbratwürste yang dikemas dengan roti semmeln dan tiga sosis panggang merupakan kuliner terkenal di sini. Biasa disebut “Drei im Weckla” semacam roti dan tiga sosis. 

Berdasarkan literatur gastronomi tentang resep sosis pertama kali di Jerman ditemukan di Nuremburg pada tahun 1313. Meski sudah ada jauh sebelumnya, namun di Nuremburg resep sosis dipanggang sudah tertulis dalam dokumentasi resep.

Kami mencicipi di salah satu restoran khas Fränken dan cukup populer karena berada di Altstadt (kota tua). Restoran ini penuh dan ramai oleh pengunjung baik mereka sebagai penduduk setempat maupun turis seperti kami. 

Nama restoran tersebut adalah Bratwursthäusle. Sajian utama dan populer adalah sosis panggang yang pastinya berbeda dengan kebanyakan sosis pada umumnya di wilayah Bavaria. Sosis ini dipanggang dengan rasa yang enak sekali. Untuk menyantapnya, sosis panggang bisa disajikan dengan roti semmeln atau sauerkraut.

Fränkischer Sauerbraten 

Sauerbraten.

Restoran tempat saya menikmatinya.

Masih ingat artikel sebelumnya tentang sauerbraten di sini? Sauerbraten merupakan kuliner Bavaria yang cukup populer dan disukai bagi penduduk di sini. Meski Nuremberg masih dalam wilayah Bavaria, rupanya sauerbraten milik mereka punya rasa dan selera berbeda.

Kami mendapatinya di salah satu restoran ternama di dekat Rathaus dan menyediakan makanan khas Nuremberg. Saya pun memilih sauerbraten untuk membuktikkan perbedaan sauerbraten yang biasa saya makan pada umumnya di sini. 

Menurut saya, perbedaan pada sausnya yang terlihat kental dan lebih gelap. Saya mencicipi sausnya, namun saya pikir ada rasa anggur merah di dalamnya. 

Glühwein 

Glühwein begitu mudah ditemukan di sini meski tidak sedang di pasar Natal, Christkindlmarkt. Minuman ini memang jadi ciri khas di pasar menjelang Natal sebagaimana yang pernah ditulis di sini. Nuremberg sendiri menurut berbagai informasi memiliki Christkindlmarkt terbesar dan pertama di Jerman.

Bisa jadi alasan ini yang mendorong glühwein di sini juga populer dicicipi. Saya pun memesannya di sini yang katanya terasa enak.

Lebkuchen 

Contoh kue lebkuchen.

Sejarahnya ada di sini.

Apalagi hal yang paling tepat dinikmati di Jerman jika bukan kue jahe atau Lebkuchen. Kue ini bisa dibeli dengan mudah seantero Jerman. Begitu populernya kue ini dijual di kedai manisan setiap ada festival di sini, namun sejarah panjang mencatat Nuremberg sebagai pencetusnya.

Kue yang bisa dibentuk hati atau dibuat seperti rumah-rumahan misalnya begitu digemari tidak hanya saat Natal tiba. Anda bisa mendapati toko roti pertama dan mengklaim sebagai perintisnya ada di pusat kota Nuremberg.

Semoga bermanfaat! 

Advertisements

4 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.