3 Kunci Sukses Menurut Saya, Kalau Anda Bagaimana?

Siapa pun punya cara menggapai sukses. Anda juga dengan mudah membaca kiat kesuksesan dari berbagai buku bacaan yang terjual di toko buku. Atau ada banyak seminar motivasi yang dibawakan para pakar agar bisa mendorong orang untuk sukses. Tak hanya itu, keterbukaan komunikasi dan informasi memungkinkan seseorang bisa mencari berbagai informasi tentang kunci kesuksesan orang ternama.

Hal di atas yang saya sampaikan hanya untuk menunjukkan bahwa ragam metode dan kiat kesuksesan begitu mudah diperoleh. Namun pertama-tama sebelum beranjak pada kiat sukses menurut saya sebaiknya definisikan dulu apa arti kesuksesan menurut anda?

Arti kesuksesan tidak serta merta sama bagi tiap orang. Demikian pula saya mengartikannya sendiri. Bagi saya, sukses dapat diartikan seperti yang pernah saya tulis di sini. Tak peduli seberapa besar harta dan banyak uang yang saya miliki, namun saat saya menjalani apa yang saya cintai, itu sukses menurut saya.

Mengapa begitu? Karena tak semua orang bisa menjalani apa yang dicintainya. Bisa jadi terpaksa, tuntutan, kebutuhan hidup dan lain sebagainya.

Berdasarkan perihal di atas, berikut tiga kunci sukses menurut saya:

1. Percaya pada Tuhan

Bagi saya, ada sesuatu kekuatan ilahi dan spiritual yang tak bisa dikatakan namun diyakini sebagai Yang Agung dan Maha Tahu. Sukses tidak lepas dari kuasa Tuhan. Karena iman, bahwa saya mampu mencapai apa yang saya impikan. Karena iman, bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Untuk mencapai sukses tak terlepas dari campur tangan Tuhan.

Baca https://liwunfamily.com/2013/06/06/never-stop-dreaming/

2. Percaya pada diri sendiri

Saya selalu ingat pada pesan ibu saya bahwa jika ingin sukses maka fokuskan pada kekuatan diri, bukan apa yang tidak bisa saya lakukan. Kebanyakan orang fokus pada kelemahan sehingga merasa mustahil jadi sukses. Siapa lagi yang mempercayai anda akan sukses jika bukan anda sendiri? Percaya diri itu penting untuk memicu anda meraih kesuksesan.

Baca https://liwunfamily.com/2017/10/01/kue/

3. Percaya pada alam sekitar

Bahwa segala sesuatunya indah pada waktuNya. Orang bijak mengatakan “When you believe your dream, the universe will find a way to give it to you.” Bahwa sesungguhnya segala rintangan dalam mencapai kesuksesan adalah cara yang berguna yang ditawarkan alam semesta. Alam punya caranya yang membantu kita menemukan jalan mencapai kesuksesan. Orang bilang itu kebetulan, namun bagi saya semua itu bertujuan dan ada alasan dibaliknya.

Kesimpulan

Kesuksesan tidak bisa didefinisikan secara obyektif dan baku karena tiap orang punya cara dan kunci tersendiri untuk mencapainya. Apa yang saya alami tentu berbeda dengan anda dalam meraih kesuksesan. Sukses menurut saya belum tentu sukses menurut anda.

Semangat hari Senin!

7 thoughts on “3 Kunci Sukses Menurut Saya, Kalau Anda Bagaimana?

Leave a comment