Pljeskavica mit Djuvecreis.

Suami ajak makan di restoran yang ahli dalam kuliner Balkan. Sebelumnya, saya sudah mempopulerkan makanan Balkan yang bisa dicek di sini.

Makanan khas area Balkan tersebut sebenarnya berasal dari Serbia, namun begitu populernya makanan ini hingga dikenal di negara Kroasia, Bosnia dan Herzegovina. Karena tertarik dengan kepopulerannya maka saya pun memesannya.

Sebelum memesan, saya bertanya seperti apa bentuk makanan tersebut. Pljeskavica adalah sajian daging giling yang dipanggang bumbu. Dagingnya bisa daging sapi, daging babi atau daging domba. Ini semacam hidangan meriah dan biasa disajikan di Serbia.

Ada dua pilihan di restoran ini, ada yang tanpa keju atau dengan keju di dalam. Saya memilih tanpa keju karena saya sudah mempertimbangkan kandungan lemak dari makanan tersebut. Jika anda suka steak dan makanan olahan daging maka makanan ini perlu dicoba.

Untuk menyantapnya, ada nasi khas negeri Balkan yakni Djuvecreis. Semacam nasi merah. Lalu ada bawang bombay yang diiris halus. Kemudian tak kalah menarik adalah sambal khas milik mereka. Sambal ini disebut Avjar, biasa dijumpai di supermarket di Jerman.

Apakah anda tertarik mencoba makanan khas Balkan ini?