ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Makan ala Prasmanan, Golden Wok: Rekomendasi Tempat (15)

Teh hijau.

Schnaps.

Nasi putih, cah tauge daging sapi, tumis udang dan krupuk.

Buah potong dan permen.

Biasanya saya datang ke restoran ala Asia dengan memesan menu sesuai buku daftar sajian yang tersedia di setiap meja tamu. Kali ini saya mencoba pilihan lain yakni prasmanan atau buffet yang disajikan di salah satu restoran Asia di Jerman. Restoran yang mengklaim spesial menu asal Tiongkok – Thailand ini terletak di kota Passau. 

Untuk harga per porsi per orang dikenakan 8,90€ untuk hari Senin sampai Sabtu. Sedangkan jika kita datang di hari minggu seingat saya harganya menjadi 15,90€. Untuk porsi anak-anak harganya jadi lebih murah. Saya dan suami pun akhirnya mencoba menu prasmanan ini. Alasannya, harga tersebut sudah termasuk hidangan pembuka sampai hidangan penutup. Namun memang harga tersebut tidak termasuk minuman yang dipesan. Ala prasmanan disajikan saat makan siang, sepertinya tidak dilakukan untuk menu makan malam.

Restoran terletak di jalan Neuburgerstrasse, yang berada di lantai atas. Sedangkan di bawahnya adalah supermarket Kaufland. Letaknya yang strategis membuat restoran ini banyak diminati oleh mereka yang suka selera makanan Asia. 

Dengan ramah, kami disambut oleh si pramusaji. Restorannya begitu luas, bersih dan ekslusif. Tampak ornamen seperti lampion dan aksara Tiongkok menghiasi restoran ini. Untuk meja prasmanan diletakkan agak menjorok ke dalam. Lalu tersedia juga toilet yang bersih dan nyaman. Keren!

Jika tamu sudah memilih ala prasmanan, maka silahkan datang ke meja buffet dengan aneka pilihan menu. Berbagai peralatan makan seperti piring, mangkuk, sendok, garpu, sumpit bahkan piring kecil untuk dessert tersedia di sekitar meja prasmanan. Silahkan anda memilih yang anda suka! Namun bagi saya yang tak suka makan banyak, jelas ala prasmanan ini hanya membuat saya memilih menu apa saja yang saya sukai. 

Hidangan pembuka ada beberapa pilihan seperti pekkingsuppe atau spring rolls. Ada juga aneka pilihan nasi mulai dari nasi putih biasa, nasi goreng hingga nasi berbumbu lainnya. Aneka hidangan laut hingga hidangan daging pun tersedia. Saya juga melihat krupuk, sudah lama saya tidak makan krupuk. Selain itu, sushi dengan berbagai pilihan tersedia di sini. 

Hidangan penutup, ada berbagai pilihan seperti buah potong, salat, coklat, permen dan aneka manisan lainnya. Tentunya ini semua dihidangkan disesuaikan dengan kebutuhan perut anda. 

Hal yang perlu diperhatikan saat makan ala prasmanan adalah perhatikan makanan yang dihidangkan. Jika perlu tanyakan terlebih dulu apabila anda merasa ragu atau tidak yakin. Anda bisa ambil porsi sampel lalu cicipi untuk memastikan hidangan tersebut. Rasanya tak elok jika anda sudah mengambilnya lalu tidak menghabiskannya. Ingat bahwa anda telah memilih dan mengambilnya sesuai kebutuhan, bukan pemberian. 

Sebagai complimentary, restoran ini memberikan schnaps ala Tiongkok. Schnaps biasa disajikan di gelas berukuran mini. Kali ini warnanya merah, namun rasanya tak berubah. Tetap hangat di tenggorokan.

So, semoga bermanfaat! Apakah anda pernah mencoba makan ala prasmanan di restoran lain?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: , , ,

3 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.