OPINION

7 Cara Berikut Dilakukan terhadap Mebel Tak Terpakai lagi

Ilustrasi.

Home sweet home. Siapa pun ingin menjadikan rumah sebagai istananya yang nyaman untuk dihuni. Berbagai cara dilakukan untuk menjadikan hunian terlihat indah dan membuat betah, termasuk membeli perabotan mebel.

Namun pernahkah terbayang apa yang bisa dilakukan jika anda harus mengganti mebel dan membuang yang lama? 

Di Jerman tentu tidak bisa sembarangan membuang barang-barang tak terpakai. Contohnya sepatu atau pakaian tak terpakai saja, ada wadah kontainer sebagai tempat pembuangannya. Begitu pun dengan mebel yang sudah tidak ingin kita pakai lagi di rumah.

Baru-baru ini, kami harus membuang sebagian mebel dan mengganti yang baru. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan, berikut adalah cara yang sebaiknya dilakukan bilamana anda ingin membuang mebel tak terpakai alias bekas.

1. Tanya ke bagian Wertstoffhof atau Recyclinghof.

Di tiap wilayah administrasi di sini memiliki pusat pengaturan dan pengelolaan limbah rumah tangga. Misalnya ada mebel yang tak terpakai, kita bisa kontak bagian Werstoffhof. Informasi ini juga tersedia secara online. Kita bisa telepon mereka, tanya bagaimana prosedur pengiriman atau jika punya dana cukup bisa minta mereka menjemput mebel tersebut. Tentunya mebel yang tak terpakai masih bisa diolah untuk digunakan kembali. 

2. Didonasikan lewat program di toko mebel. 

Di beberapa toko atau supermarket khusus mebel biasanya ada program donasi. Di Indonesia, saya juga pernah dengar program ini dilaksanakan juga oleh toko mebel besar. Ada mebel yang harus diantarkan, namun ada pula yang bisa diambil di rumah. Katanya sih, program donasi ini untuk tujuan aksi sosial.

3. Berpartisipasi di Flohmarkt. 

Flohmarkt biasa rutin dilaksanakan sebagai pasar rakyat, bertemunya penjual dan pembeli  dengan barang-barang masih layak pakai. Namun pasar ini tak dilakukan di musim dingin tentunya karena dilaksanakan secara outdoor. Pasar ini dilakukan juga secara musiman. Kami tidak melakukan penjualan mebel tak terpakai di sini, namun ide ini bisa juga diterapkan. Di sini penjual bisa mematok harga pas, namun bisa juga terjadi tawar menawar harga. 

4. Dijual kembali via iklan di koran atau website tertentu.

Ide ini juga bisa dilakukan bilamana kita ingin membuang mebel tak terpakai namun tidak secara cuma-cuma. Alias, anda masih mendapatkan sedikit uang dari mebel tersebut. Di harian lokal di sini tersedia kolom untuk penjualan mebel layak pakai. Biasanya mebel diiklankan, namun tidak terjadi pengiriman oleh si penjual. Jika pembeli tertarik maka pembeli bisa mengambilnya sendiri di lokasi. Tak hanya koran, iklan mebel layak pakai bisa juga dilakukan lewat online di berbagai website yang tersedia.

5. Diberikan kepada yang membutuhkan.

Caranya ini tentu mudah dilakukan. Kita bisa menyimpan mebel tak terpakai di gudang atau keller, ruang bawah tanah sementara waktu sampai kita menemukan orang yang layak mendapatkannya. Contohnya, kami memberikan meja tulis untuk seorang mahasiswa karena kami ingin punya meja tulis yang tampak moderen. Atau sofa yang terlihat kuno, diberikan kepada mereka yang memang memerlukan. Mereka yang dianggap layak menerimanya, mengurus dan mengambilnya sendiri di rumah. Kami tidak melakukan pengiriman.

6. Pasang informasi lewat media sosial atau grup jejaring.

Jika berpartisipasi di flohmarkt mesti bayar, iklan di koran juga harus berbayar maka memasang informasi di media sosial tentu cara yang murah dan mudah. Ada grup masyarakat di tiap kota yang bisa menjadi wadah informasi antar warga. Melalui media tersebut, kita bisa menginformasikan mebel tak terpakai untuk dijual atau disumbangkan. 

7.  Diubah bentuknya menjadi mebel yang masih berfungsi dan tetap terpakai.

Ini cara yang kami dapatkan ketika bingung harus membuangnya kemana. Karena terbuat dari kayu jati yang berat dan juga tak mudah dibawa maka meja makan tersebut akhirnya kami manfaatkan dan alihfungsikan. Ternyata segala sesuatu bisa dimanfaatkan dan berguna juga sepanjang kita kreatif membuatnya. Artinya, mebel tak terpakai pun masih bisa dimanfaatkan jika kita tahu cara menggunakannya untuk hal lain.

Kesimpulan

Demikianlah sekedar berbagai pengalaman dan pengamatan untuk memanfaatkan mebel tak terpakai. Mengapa mebel tersebut tak terpakai? Karena kami ingin beli yang baru dan terlihat moderen sementara di gudang sudah tak ada tempat lagi untuk menyimpannya. Bisa jadi anda punya ide lain yang mungkin tidak tertulis di atas.

Kira-kira jika anda harus membuang mebel tak terpakai dan berguna lagi, apa yang anda lakukan?

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as: , , , ,

3 replies »

  1. Wah, utk buang barang bkas pun (mebel) pke biaya jg ya…(nomer 1 itu).

    Dan yg nomer 7 itu, itu yg pas dan kreatif (sepanjang memungkinkan ya kan? Hee…).

    Klau sy, klau gak berguna lg, bs sy pkai yg nomer 7 atau sy bkar sj mnjadi umpan api.😂

    Liked by 2 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.