OPINION

5 Keuntungan Berbelanja Tidak Online

In despite of online shopping as life style in this time, I would like to keep doing conventional shopping on weekend. Through this following post, five reasons might be explained why I am still doing conventional shopping in according to my experiences. 

Ilustrasi. Plus City salah satu mal terbesar di Linz, Austria.

Terlepas canggihnya teknologi masa kini yang memudahkan orang berbelanja via online, namun masih ada saja orang-orang seperti saya misalnya yang masih suka berbelanja secara konvensional. Berbelanja metode ini maksudnya kita datang ke toko sebagaimana yang kita butuhkan. 

Artikel kali ini membahas keuntungan yang diperoleh dengan tetap berbelanja dengan mendatangi tempat atau toko sesuai keperluan. Artinya, ini loh keuntungan untuk berbelanja tidak online.

1. Ada staf/penjual yang paham tentang produk yang diinginkan. 

Berbelanja secara online dilakukan oleh anda sendiri dengan cara mengklik barang yang ingin dibeli. Dari sekian banyak pilihan barang yang diperlukan, bisa jadi anda bingung pilih mana. Bisa jadi anda hanya mencari informasi tentang produk melalui online juga. Tetapi apakah semua informasi itu benar? Sementara jika anda membeli secara konvensional, anda berhadapan dengan staf yang paham tentang barang yang diinginkan, apalagi saat anda mempertimbangkan banyak pilihan barang.

2. Bisa berkonsultasi soal produk dengan penjual/sales. 

Harga barang yang dijual di toko memang sedikit mahal dibandingkan online, tentu mereka perlu membayar orang-orang yang paham tentang produk yang dijualnya. Misalnya ingin membeli barang hape lalu anda bingung hape seperti apa yang ingin dibeli. Di toko hape di sini, saya mendapatan penjelasan hape yang sesuai kebutuhan dari karyawan/sales. Bahkan mereka membantu mencarikan apa yang dibutuhkan pelanggan. Setiap pelanggan dilayani dengan baik saat konsultasi. Itu artinya konsumen adalah raja. Konsultasi ini yang memang tidak terjadi saat anda membeli online.

3. Ada kesempatan untuk mencoba. 

Sebagaimana yang pernah diceritakan soal optik di sini, bahwa pembeli mendapatkan kesempatan periksa mata gratis. Tentunya anda jadi tahu apa yang dibutuhkan mata setelah diperiksa. Lalu berbagai produk kacamata yang dibeli bisa dicoba sesuai bentuk muka agar terlihat menarik. Itu adalah contoh mencari kebutuhan kacamata baca secara konvensional, mendatangi optik. Membeli secara konvensional mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk yang ingin dibeli. Ini yang tidak didapatkan saat anda membeli secara online.

4. Barang yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 

Pernahkah membeli pakaian atau sepatu secara online? Apakah pernah mengalami barang yang diinginkan tidak sesuai seperti yang anda bayangkan? Kerap saya mengalami hal tersebut. Mungkin saja di gambar model terlihat bagus namun setelah saya beli barang tidak sesuai dengan keinginan saya. Atau bisa jadi saya tertarik membelinya karena harga murah padahal belum tentu barang tersebut sesuai yang diinginkan. Nah, jika anda membeli secara konvensional maka hampir dipastikan barang tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

5. Bisa jalan-jalan atau kesempatan cuci mata. 

Keuntungan lainnya dengan berbelanja secara konvensional yakni kesempatan untuk jalan-jalan dan bersenang-senang menikmati suasana di luar. Berbelanja di toko menjadi ajang acara keluarga atau berkumpul bersama kerabat/teman. Berbelaja di luar menjadi sarana relaksasi setelah penat bekerja di kantor atau lelah dengan pekerjaan rumah tangga misalnya.

Kesimpulan

Demikian pendapat dan pengalaman saya berbelanja ala konvensional, mendatangi toko sesuai kebutuhan dan keinginan. Keuntungan lain sebagai tambahan, misalnya terhindar dari keraguan pencurian data lewat internet. Atau kejahatan yang mengancam lewat internet. So, balik juga dengan pilihan berbelanja maka metode berbelanja menjadi kebiasaan setiap orang saat mereka mencari barang yang diinginkan.

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as: , , ,

9 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s