FOOD

Tortilla de patatas dan Escalivada: Makanan Khas Spanyol (4)

Holla!!! 

In following dishes are regarding Spain culinaries which named Tortilla de patatas and Escalivada. Tortilla d patatas nor tortilla èspanola is like omelet which contains pieces of potato and onions. Meanwhile escalivada is grilled vegetables such as eggplant and bell peppers. 

Happy Thursday!

***

Makanan berikut yang diperkenalkan adalah kuliner dari Spanyol. Suatu kali teman saya asal Spanyol ini akan pindah kota sehingga mereka mengundang saya makan perpisahan. Tentunya hidangan yang disajikan adalah kuliner dari negeri mereka. Saya dan seorang teman Jerman lain pun antusias datang ke acara ini. Untuk menghormati teman kami ini yang adalah seorang Vegetarian maka hidangan yang disajikan pun tanpa daging.

Barangkali menu berikut bisa dipraktikkan di rumah untuk anda yang tak suka makan daging. Selain itu, makanan ini pun mudah dibuat. Percaya deh, anda pasti bisa membuatnya di rumah.

Tortilla de patatas

Apakah anda tahu bahwa Spanyol punya omelet juga? Yups, omelet ala Spanyol disebut Tortilla de patatas atau Tortilla èspanola. Begitu mereka menuliskannya di secarik kertas ketika saya bertanya apa nama makanan tersebut. 

Makanan pertama ini semacam telur dadar yang dicampur bersamaan dengan kentang potongan dadu dan bawang bombay yang dicincang. Ini seperti hidangan pembuka sebelum saya mencoba yang lain. Omelet ini seperti layaknya telur dadar atau martabak telur bilamana ingin dikreasikan dengan daun bawang, cabai hijau dan sebagainya sesuai selera. Namun menurut teman saya, omelet ini hanya berupa kocokan telur dan potongan kentang berbentuk dadu ditambah sedikit garam sebagai penyedap rasa. Telur kemudian digoreng dengan minyak zaitun. 

Di Spanyol dan negara berbahasa Spanyol lainnya seperti negara Amerika Latin, omelet pada dasarnya disajikan tanpa bawang. Namun kebanyakan orang menyukai bawang sehingga dicampurkan ke dalam kocokan telur. Sepertinya mudah dan mungkin anda bisa praktik di rumah.

Escalivada

Nah, teman kami asal Spanyol ini lebih tepatnya berasal dari Catalonia. Berikutnya hidangan khas dari Catalonia bernama Escalivada. Hidangan ini berupa sayuran yang dipanggang di oven. Sayuran tersebut adalah terong hijau dan paprika merah. Pastinya anda dapa menirunya di rumah.

Setelah kedua sayuran dicuci bersih, letakkan di loyan yang diberi kertas roti sebelumnya. Siram dengan minyak zaitun. Taburi seluruh sisinya dengan garam. Kemudian panggang kurang lebih sejam dengan suhu 180 derajat celcius.  

Selesai dipanggang yakni sayuran berwarna kecoklatan dan tampak layu, kupas kulit terong dengan mudahnya pakai tangan. Lalu iris paprika dan terong memanjang. Sebelum disajikan beri taburan garam. 

Terakhir, kedua hidangan tersebut disantap dengan roti gandum yang diolesi dengan tomat di kedua sisinya. 

Tertarik mencobanya di rumah? Semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , ,

7 replies »

  1. Wow Anna a nice spanish omelette or potato with onion is excellent, places across Spain a debate in order with or without onion … my fab contains onion and escalivada as calcot a magnificent dish from Catalonia… great flavors to our mouth… that’s my attagirl (está es mi chica) 👍😘😘😘😘💋💋💋💋

    Liked by 2 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.