PSYCHOLOGY

5 Alasan Orang Senang Dipuji

As human beings, we would love to get appreciation by others due to it encourages us so much to be better. No doubt, to be appreciated is necessary way to prove how we are perceived in social group. 

There are five reasons to explain why we should appreciate people around. It leads to recognize and admit what they did. Happy weekend!

Again thanks for always following my blog❤

***
Siapa yang tak suka dipuji? Pastinya semua orang senang mendapatkan pujian ketimbang cacian dan makian. Betul begitu ya? Pujian itu tidak memandang status sosial, ras dan kebangsaan apalagi pendidikan. Tua muda, besar kecil dan siapa pun kita senang jika kita mendapatkan pujian. 

Pujian yang tulus dan tidak berlebihan rasanya perlu disematkan dan diberikan jika memang layak. Namun nyatanya ada saja pikiran negatif yang memandang pujian itu tidak baik dan berbagai alasan negatif lainnya. 

Diluar alasan negatif bagi mereka yang tak suka memuji, berikut ada sekian alasan yang nyatanya membuat orang senang mendapatkan pujian yang tulus.

1. Pujian menunjukkan apresiasi. 

“Terimakasih kepada bapak-ibu panitia yang telah menyiapkan acara pada malam hari ini sehingga pesta kita bisa berjalan lancar. Kita beri tepuk tangan yang meriah kepada…” kata seseorang di suatu acara. Bayangkan bahwa mereka yang disebut namanya dipuji dengan kata “terimakasih” bahwa acara bisa berjalan dengan lancar. Segudang pujian diberikan sebagai bentuk apresiasi atas capaian prestasi dan kinerja. Pujian itu bahkan melebihi hadiah. Jadi mengapa kita pelit memuji jika pujian tulus sungguh bermakna bagi yang berhak menerimanya?

2. Pujian menyatakan perasaan positif. 

Jika caci maki adalah bentuk perasaan negatif maka pujian justru sebaliknya. Pujian yang tulus menyatakan perasaan positif, tentu membahagiakan. Jika baru berpacaran atau baru menikah, pastinya anda merasakan bagaimana pasangan sering memuji. Mengapa? Karena pujian yang tulus menyatakan perasaan positif. “Wah, kamu cantik sekali malam ini!” Contoh pujian yang diberikan pacar/pasangan sudah mengarahkan betapa perasaannya bergelora melihat penampilan anda. 

3. Pujian menunjukkan kesukaan pada apa yang sudah dibuat.

“Masakan ibu enak sekali. Apa rahasianya?” Demikian pujian dari seorang pelanggan kepada ibu penjual. Kalimat pujian tulus dari pembeli menunjukkan kesukaan pada masakan yang dibuat penjual. Jika seseorang memuji anda, perhatikan bahwa mungkin dia senang berteman atau bekerja dengan anda. Jadi tingkatkan apa yang sudah anda buat/lakukan, agar semakin banyak pujian datang pada anda. Itu menunjukkan anda memang layak dipuji secara tulus. 

4. Pujian juga bentuk pengakuan diri. 

“Penampilan anda sempurna sekali dalam drama tadi. Selamat atas penampilan anda yang memukau penonton!” Kata seorang reporter televisi kepada seorang artis. Pujian reporter TV adalah bentuk pengakuan atas penampilan artis yang prima dan menakjubkan penonton. Dengan begitu artis tersebut layak mendapatkan pengakuan sebagai artis drama yang hebat dan sebagainya. Jika seseorang memuji pekerjaan anda, bisa jadi anda hasil kerja anda memang layak diakui.

5. Pujian itu memberikan motivasi. 

“Cerpen yang Mbak Anna tulis bagus sekali. Meski sudah menjadi juara, tetaplah berkarya dan menulis lagi” kata seorang juri lomba. Pujian yang diberikan juri lomba bisa jadi memotivasi Anna untuk semakin sering menulis lebih baik lagi. 

Kesimpulan

Jika pujian tulus begitu disenangi banyak orang. Mengapa kita pelit memberikannya pada mereka yang layak? Ucapan “terimakasih” yang sederhana saja sudah membuat orang merasa dihargai. 

Dari sekian alasan di atas, kira-kira alasan mana yang tepat dan sesuai menurut anda sehingga anda senang dipuji?

Advertisements

Categories: PSYCHOLOGY

Tagged as: ,

13 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.