FOOD

Roti Gyros Pita dan Tzaziki, Jajanan Sederhana ala Yunani: Makanan Khas Yunani (3)

Gyros pita bread with greek chicken.

Berbagai jajanan menarik tersedia di sini. Saya pun penasaran saat saya mendatangi gerai imbiss yang baru buka. Apalagi saya melewati kedai ini pas makan siang, ini membuat perut saya menari. Saya harus segera makan, itu pemikiran saya.

Saya mampir di kedai yang mengusung makanan cepat saji di pusat kota. Kedai ini menjual gyros makanan khas Yunani. Sebelumnya saya sudah pernah menikmati sajian ini di restoran yang menggugah selera. Anda bisa menemukannya di sini.

Begitu populernya gyros sampai-sampai berbagai kreasi dibuat agar bisa dinikmati berbagai kalangan. Untuk itu, imbiss di sini membuatnya jadi kemasan praktis dengan harga terjangkau. 

Gyros dibungkus dengan roti, yang dinamai pita. Pita tidak hanya dikenal di Yunani saja, tetapi juga Lebanon dan Syria juga. Pita terbuat dari tepung yang dilarutkan dengan garam, air dan yeast. Hasil akhirnya dengan cara dipanggang. 

Gyros sendiri katanya sih berasal dari daging ayam yang dimasak khas Yunani. Untuk membuatnya semakin enak, gyros dinikmati dengan saus Tzaziki. Tzaziki adalah saus ini terbuat dari yoghurt dengan tambahan timun cincang, bawang putih cincang, garam, perasan jeruk lemon dan minyak zaitun. Jika anda tak suka bawang putih, sebaiknya tidak menaruh tzaziki dalam gyros. Biasanya rasa dan pengaruh bawang putih sangat mudah dikenali di saus tzaziki. 

Terakhir, anda pasti melihat pommes atau kentang goreng yang diselipkan. Saya pikir memang tak perlu banyak kentang goreng karena semua sudah terasa mengenyangkan bagi saya. Lalu ada tambahan salat sayuran seperti layaknya dönner dan durum, makanan Turki. Soal rasa, saya sungguh menikmatinya karena benar-benar enak.

Apakah anda ingin mencobanya?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , ,

2 replies »

  1. Wah, Roti Gyros Pita dan Tzakiki-nya nampaknya menggoda selera. Kreasi tmbhan atau campurannya beragam ya, ad pommes, timun, bwang putih, dst. Sy sllu pnasran dg rasa kuliner2 yg Anda ulas.

    Hrga (terjangkau) dan rasanya (enak) itu seimbang jg ya?

    Liked by 1 person

    • Menurut saya sih enak pak. Jika makan gyros di restaurant pasti harganya bisa lebih dari 10€, sedangkan di imbiss cuma 3,50€ tentu lebih enak murahnya😄

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.