5 Cara Buat Lanjut Usia atau Senior Tampak Lebih Muda

Siapa sih yang tidak ingin terlihat awet muda? Para orangtua yang dimaksud adalah orang-orang yang sudah lanjut usia, senior, sepuh, atau yang sudah pensiun dari pekerjaan.
Di artikel berikut saya ingin membagikan hasil pengamatan di luar Indonesia, bagaimana para orangtua atau orang-orang yang sudah senior ini bisa terlihat awet muda. Ada lima aktivitas yang mungkin bisa jadi rekomendasi bagi mereka.

Apa saja?

1. Meditasi/Kegiatan Rohani

Saya pernah menuliskan bahwa kegiatan rohani ternyata membawa kebahagiaan berkelanjutan berdasarkan sebuah studi. Bisa dilihat di sini. Aktivitas ini pula yang saya lihat dan temukan di tempat-tempat ibadah atau lokasi ziarah rohani. Entah karena mereka punya waktu yang begitu lowong atau alasan lainnya, intinya mereka yang senior senang melakukan kegiatan rohani atau meditasi sebagai aktivitas spiritual.

Aktivitas spiritual dapat meningkatkan nilai diri seseorang dan berkontribusi positif. Buktinya seperti yang saya tulis di sini, ada kebahagiaan berkelanjutan. Bahwa aktivitas spiritual mampu menurunkan stress dan meningkatkan kebahagiaan tentu mencegah penuaan dini.

2. Olahraga

Sewaktu datang ke Ho Chi Minh City, Vietnam saya mendapati taman-taman kota dipenuhi para senior yang melakukan olahraga ringan seperti yoga dan senam. Ada pula sebagian senior tampak berjalan mengelilingi taman. Menarik sekali! Usia boleh tua namun olahraga tak boleh berhenti. Tentunya olahraga untuk para senior disesuaikan dengan kebutuhan dan saran para ahli.

Dengan olahraga tentu membuat tubuh terlihat bugar dan sehat. Saya yakin anda pasti setuju bahwa tubuh yang sehat dan aktif akan tampak awet muda.

3. Traveling

Seiring meningkatnya orang berpergian dengan berbagai kemudahan, banyak pula agen perjalanan yang menawarkan paket wisata untuk para senior. Bahkan di beberapa kesempatan, para senior mendapatkan diskon atau perlakuan istimewa sebagai rasa hormat pada mereka.

Saat masih berpergian keliling Indonesia, saya mendapati kelompok senior dari luar negeri sedang berkunjung ke Indonesia. Rupanya traveling bagi para senior menawarkan pengalaman dan sensasi otentik yang memberi semangat baru. Ini memicu mereka terlihat awet muda.

4. Membaca dan Menulis

Para senior yang masih rajin untuk membaca dan menulis sepatutnya perlu diacungi jempol. Pasalnya kedua aktivitas ini melatih dan meransang syaraf pada otak untuk tetap bekerja. Bahkan sebuah penelitian mengatakan bahwa kedua aktivitas ini dapat mencegah demensia dan alzheimer. Tentunya menulis dan membaca mencegah masalah penurunan ingatan yang kebanyakan dialami orang lanjut usia.

5. Aktivitas sosial

Berbagai aktivitas sosial dari mulai berbayar yang mengeluarkan uang hingga benar-benar sukarela pun ada bagi para orangtua lanjut usia asalkan ada kemauan dan motivasi. Aktivitas sosial yakni terlibat dan berpartisipasi dalam kelompok sosial dan keluarga. Aktivitas ini mendorong kesehatan mental, meningkatkan imunitas tubuh bahkan membuat mereka lebih nyenyak saat tidur malam. Aktivitas sosial juga bisa dilakukan bersama para cucu misalnya, sehingga membuat hari-hari mereka terasa bermakna.

Kesimpulan

Demikian lima hal yang saya temukan di sekitar saya sebagai hasil pengamatan. Kelima hal tersebut tergantung pada budaya dan kebiasaan setempat. Bisa jadi anda menemukan hal lain yang belum dituliskan. Silahkan bagikan dalam komentar jika ada!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.