Akhir pekan datang, semua senang kecuali orang-orang yang memang tetap harus bekerja di kala wiken. Sebaliknya banyak orang mengalami rasa malas ketika hari pertama setelah wiken datang. Ya, hari Senin adalah hari pertama setelah akhir pekan.

Itu sebab ada tagline muncul, I like Monday hanya untuk memacu semangat dan motivasi memulai hari di hari Senin. Apakah anda mengalami rasa malas saat hari Senin tiba? Guys, lepas dari berbagai profesi pekerjaan yang digeluti, kira-kira mengapa orang mengalami rasa malas di hari Senin?

Ini hasil pengalaman.

1. Sebagian besar waktu di akhir pekan lebih banyak menguras tenaga. 

Jika anda merasa malas di akhir pekan, ingat kembali apa yang anda lakukan di akhir pekan! Kebanyakan orang menghabiskan akhir pekan dengan olahraga, melakukan hobi, bersih-bersih rumah, bermain bersama keluarga atau pesiar keluar rumah. Kalau saya, akhir pekan biasa melakukan semua itu. Pastinya ini menguras tenaga. Meski pekerjaan saya di hari Senin sampai Jumat tidaklah berat namun melakukan sesuatu di akhir pekan itu seperti menghabiskan energi. Itu sebab saat bangun di hari Senin, rasa malas itu muncul.

2. Harus mengubah jam biologis.

Akhir pekan memang hanya dua hari namun saya telah terbiasa untuk mengubah ritme biologis tubuh misalnya bangun lebih siang, makan sesukanya dan lain sebagainya. Karena sudah terbiasa di akhir pekan untuk santai maka hari Senin, hari pertama mesti mengubah jam biologis. Ini menjadi sulit sehingga saya jadi malas menghadapi hari Senin.

3. Waktu tidur berubah dan berbeda.

Seperti yang saya katakan di atas, jam tidur di akhir pekan berubah. Saya biasanya bangun lebih siang. Saya juga bisa tidur siang di akhir pekan jika ada kesempatan. Sementara di hari Senin, saya harus bangun lebih pagi mengikuti jadwal suami yang selalu ada janji di hari Senin. Rasanya saya pun tak ada waktu tidur siang lagi. Terkadang berpikir saya tidak punya waktu untuk membayar waktu tidur. Itu sebab saya sudah mengeluh malas di hari Senin karena kurang waktu tidur.

4. Ada “deadline” di hari Senin. 

Entah mengapa saya mendapati banyak janji pertemuan atau komitmen melengkapi pekerjaan di hari Senin. Ini tentu membuat rasa malas menghadapi muncul. Andai saya punya kuasa untuk menolak, pasti sudah saya lakukan. Namun kebanyakan mereka membuat deadline di hari Senin karena mungkin orang lebih bersemangat setelah akhir pekan. Anda bagaimana?

5. Macet di jalan

Saat tinggal di Jakarta, tiap hari saya harus menghadapi kemacetan kecuali di hari libur panjang. Apakah kemacetan hanya terjadi di hari Senin saja? Kemacetan biasa terjadi jika anda tinggal di kota. Kemacetan tentu perlu diantisipasi dengan bangun lebih awal. Lebih baik mengurangi stress di jalan dengan mengurangi waktu tidur di hari Senin. Itu pemikiran saya. Dengan dasar itu, saya pun jadi malas di hari Senin.

Kesimpulan

Lain orang lain pula pengalaman menghadapi hari Senin. Bisa jadi anda begitu bersemangat di hari Senin usai rileks di akhir pekan. Atau malahan anda lebih malas dibandingkan saya karena ada banyak alasan lain yang jadi pemicunya. So daripada berbicara kemasalan, mari kita tetap bersemangat memulai aktivitas di minggu ini.

Semangat hari Senin, teman!