FOOD

Suka Ikan? Coba Schollenfillet, Ikannya Dari Laut Utara

The plaice fish fillet fried with fried potatoes.


Dalam bahasa Inggris disebut plaice. Ikan ini hidup di habitat di laut Eropa. Saya tidak menemukan padanan katanya dalam bahasa Indonesia. Bisa jadi memang ikan tersebut tidak hidup di perairan Indonesia. 

Katanya sih ikan ini hidup di lautan Jerman bagian utara. Oleh karena itu Nordsee, salah satu restoran cepat saji yang menawarkan makanan laut yang fresh,  mempromosikan menu schollenfillet dalam daftar menu mereka. Saya pun penasaran karena saya suka makan ikan. Bukankah makan ikan itu menyehatkan?

Ikan scholle dalam bahasa Jerman atau plaice dalam istilah English merupakan ikan yang bertekstur lembut. Bahkan untuk memasaknya tidak perlu lama, cukup beberapa menit. Pertama ikan dipotong secara fillet dan dibungkus dengan tepung roti. Kemudian digoreng seperti biasa dengan minyak goreng.

Ikan siap disajikan jika kedua sisinya sudah berwarna kecoklatan. Untuk menikmatinya, paling enak dengan kentang goreng atau kentang rebus. Rasanya memang sederhana tetapi kaya gizi. Oh ya, bisa juga dinikmati dengan saus mayonaise yang diberi irisan daun chives dan perasan lemon. Dijamin rasanya enak!

Penasaran ‘kan?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , ,

9 replies »

  1. European Plaice (Pleuronectes platessa) memang habitatnya di sekitar Atlantik bagian utara, umumnya hidup di lumpur dasar laut pd kedalaman puluhan meter; juga terdapat di Amerika Utara dan Alaska. Flatfish, ikan pipih… dimana yg jualnya di Indonesia yah..

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.