COMMUNICATIONS

Strategi Menghadapi Tes Mendengar dalam Ujian Bahasa Asing

Ilustration.

Every one has own strategies to face the foreign language examination, including listening comprehention as part of test. It is typically very difficult to challenge passing the test. I thought you are not really only listening, you should understand to predict the content what you heard and to inferring meaning its. Despite that, I would share my strategies to deal with it such following.

Anyway, weekend comes. Happy weekend!

***
Jika saya punya waktu untuk mengulang masa muda, saya ingin sekali belajar lebih banyak bahasa asing. Ternyata bahasa asing itu berguna di era komunikasi yang super canggih seperti sekarang ini. Tak putus asa, saya pun belajar bersama teman-teman multi bangsa. Setidaknya saya juga belajar kosakata dan struktur kata yang baru. 

Berbicara soal bahasa asing, tentu kemahiran bahasa asing perlu diuji dengan mengikuti serangkaian tes. Apa saja? Tes membaca, menulis, berbicara dan tentu juga tes mendengar. Semua itu harus dilalui sebagai performa kemahiran berbahasa asing. 

Berdasarkan hasil pengalaman sendiri, berikut adalah strategi keberhasilan untuk uji kemampuan mendengar berbahasa asing. Jika anda sedang mempelajari bahasa asing, mungkin tips di bawah ini cocok. 

1. Duduk paling dekat sumber audio.

Saat masih di bangku kuliah, saya pernah mencoba mengukur fungsi pendengaran saya dengan alat audiometri. Hasilnya bahwa saya mengalami tidak 100% mendengar dengan jelas. Hal ini bisa saja terjadi pada orang-orang yang sudah senior atau mengalami gangguan pendengaran. Nah, jika anda merasa mengalami hal demikian maka anda bisa meminta permohonan khusus agar bisa duduk di dekat sumber audio. 

2. Berkosentrasi penuh dan lupakan apa puh masalah anda saat itu. 

Salah satu faktor keberhasilan dan kegagalan dalam ujian bahasa asing adalah gangguan psikologis. Anda perlu berhenti sejenak memikirkan berbagai masalah yang dimiliki sehingga memecahkan konsentrasi ada. Konsentrasi dan fokus itu penting saat mendengar percakapan asing dan menjawab soal. Biasanya soal kemampuan mendengar hanya dua kali atau malahan ada yang hanya sekali didengar.

3. Tutup mata.

Strategi lain juga mengatakan bahwa menutup mata membantu anda lebih konsentrasi saat mendengar audio. Bahkan menurut saya, bagi mereka yang bukan termasuk tipe auditoris, menutup mata memberikan ketajaman pendengaran.

4. Dengar apa yang ingin didengar. 

Sebelum anda memulai tes kemampuan mendengar, biasanya ada kesempatan untuk membaca soal terlebih dulu. Anda bisa pergunakan kesempatan ini dengan menyimak apa yang sebaiknya didengar. Dalam tes kemampuan mendengar, anda bisa fokuskan pada mendengar apa yang ditanyakan pada soal ujian. Mendengar dengan detil sesuai pertanyaan. Ini akan membantu anda untuk fokus pada satu hal.

5. Seringlah melatih telinga anda dengan menyimak percakapan asing. 

Setiap bahasa asing bukan tidak mungkin kita merasa aneh dan tidak terbiasa untuk mendengarkannya. Bisa jadi ada konten kalimat dan kata yang tidak populer. Membiasakan diri untuk menyimak percakapan atau pendengaran bahasa asing tentu melatih anda memahami apa maksud atau intinya. Dengan demikian anda sudah memahami maksud percakapan bahasa asing, tidak hanya sekedar mendengar saja.

6. Perbanyak kosakata. 

Dalam uji kemampuan mendengar bahasa asing, terkadang isi percakapan tidak serta menjawab soal. Jadi kita mesti mendengar secara detil untuk menangkap dan menjawab soal. Banyaknya kosakata yang dimiliki memungkinkan kita bisa memahami konteks percakapan. 

Kesimpulan

Bagaimana pun tiap orang tidak bisa digeneralisasikan sama untuk menghadapi tes kemampuan mendengar saat ujian bahasa asing. Di atas adalah hasil pengalaman saya. Pastikan anda juga telah siap mental bahwa “Pasti Lulus” sebelum ujian. Jika kita sudah pesimis, patah arang dan berpikir kegagalan maka pikiran itu yang akan terjadi. Semoga bermanfaat!

Advertisements

6 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.