ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Mother’s Day, Muttertag di Jerman: 8 Ide di Hari Ibu

Pada hari ini yakni Minggu kedua di bulan Mei adalah hari Ibu di Jerman. Hari ibu atau Muttertag sebagai sebutan dalam bahasa Jerman memiliki sejarah yang panjang. Sebagaimana saya pernah bercerita di sini

Gaung hari Ibu yang hampir bersamaan dengan hari Ayah terasa sekali dalam dunia bisnis. Berbagai hidangan kue kering, kartu ucapan atau pemberian diskon di supermaket juga menjadi kemeriahan tersendiri. Tak pelak banyak juga keluarga yang menghabiskan akhir pekan panjang sejak Kamis kemarin, yang dijadikan hari libur sekaligus juga hari Ayah.

Sebagai orang yang sudah berumahtangga, sejatinya kita tidak boleh melupakan ibu. Berikut adalah hasil pengalaman pribadi dan sejumlah teman yang saya tanyakan. Artinya, ini adalah bakti anak yang sudah dewasa atau mereka yang sudah berumahtangga terhadap ibu mereka. Kira-kira ide apa saja yang bisa dilakukan untuk merayakan hari ibu?

1. Beri kartu ucapan

Siapa pun pasti berbahagia mendapatkan kartu ucapan. Meski terbilang kuno, namun kartu ucapan tetap terkesan elegan dan istimewa diberikan. Apalagi kartu ucapan sebagai tanda kasih adalah hasil kreasi sendiri. Dijamin ibu berbahagia membaca hasil tulisan tangan kita yang berisi kalimat kasih anaknya. Sudah pernah coba ide ini?

2. Belikan hadiah istimewa

Meski ibu tak pernah berharap imbalan dan hadiah atas doa-doa dan ketulusannya selama ini, namun sebagai seorang anak kerap kita ingin memberi yang istimewa untuknya. Anda bisa pertimbangkan hadiah berdasarkan minat dan kesukaan ibu. Anda juga bisa mengamati keseharian penampilan ibu sehingga anda tahu apa yang paling dibutuhkan ibu. Lebih lanjut soal hadiah untuk ibu, bisa dilihat di sini!

3. Pergi bersama ibu 

Biasanya nih kita hampir tak punya waktu pergi bersama ibu. Saat diminta untuk mengantar ibu pergi, kita beralasan sibuk kerja atau sudah ada janji dengan yang lain. Nah, hari Ibu menjadi kesempatan istimewa untuk pergi bersama ibu menikmati kebersamaan. Menemani ibu pergi ke pasar atau mengajak ibu pergi ke suatu tempat rekreasi mungkin bisa jadi ide menarik. Sebagian teman saya yang pria mengaku memanfaatkan momen hari ibu dengan mengajaknya pergi berlibur atau makan di tempat istimewa. Siapa tahu ide ini juga bisa anda tiru?!

4. Mengunjungi ibu 

Seorang teman mengaku tinggal jauh, berbeda kota dengan ibunya. Hal ini dilakukan karena ia mendapatkan pekerjaan di kota lain. Begitu sibuknya dia dalam pekerjaan sampai-sampai dia tak punya waktu bahkan di hari raya untuk mengunjungi ibunya. Ia mengambil kesempatan hari Ibu atau hari ulangtahun ibunya agar bisa cuti dan menikmati momen indah bersama ibunya. Bila anda tinggal jauh dan terpisah dari ibu, bukan tidak mungkin mengunjungi ibu dilakukan sehingga ibu tidak merasa kesepian. 

5. Menonton video atau film bersama 

Teman yang lain mengaku suka mengajak ibu menonton film komedi. Film-film jadul dan jenaka yang sudah lama tidak diputar di televisi bisa jadi ide menarik untuk menikmati kebersamaan bersama ibu. Bukankah sekarang sudah ada smart tv dimana televisi bisa terhubung langsung dengan internet? Ketika kami membicarakan ide ini, teman yang lain menyahut bahwa ibunya dan dia suka menonton film dokumenter keluarganya. Misalnya video perkawinan anda atau foto-foto masa kecil anda yang dibuat video kreasi sendiri. Jadi tak mesti juga membawa ibu pergi ke bioskop jika ibu tidak terbiasa pergi ke sana. Namun pastikan ibu merasa terhibur setelah menonton film.

6. Memasak makanan kesukaan 

Sebagai anak tentu anda tahu apa makanan favorit ibu. Meski tak gemar memasak, anda bisa cari tahu dan belajar bagaimana membuat makanan kesukaan ibu. Jangan pula bertanya pada ibu resep atau bagaimana membuatnya! Lakukan ini sebagai kejutan pada ibu. Dijamin apa pun rasa masakan yang sudah kita buat, ibu tetap menghargai upaya dan niat kita. Berani coba memasak makanan kesukaan ibu?

7. Menemani ibu melakukan hobinya

Jika ibu suka baca, ajak ibu memilih buku bacaan di toko buku. Atau ibu suka memasak, temani ibu berbelanja hingga memasak hidangan yang dikehendaki. Jika ibu suka olahraga, temani ibu dan tunggu ibu sampai beliau selesai melakukannya. Intinya buat hari Ibu benar-benar berkesan dan menjadi istimewa bagi ibu. Toh, tak perlu membelikan hadiah yang mahal buat ibu jika tak punya uang. Sediakan waktu anda seharian hanya untuk menemaninya melakukan apa yang disukainya.

8. Pergi ke salon kecantikan bersama

Ide ini saya dapat justru dari teman saya yang pria. Dia bermaksud memberi kejutan pada ibunya di hari ibu. Jadi dia memberikan voucher di salon kecantikan agar si ibu bisa melakukan berbagai perawatan mulai dari rambut hingga seluruh badan. Ia bermaksud agar si ibu bisa memanjakan diri di salon kecantikan. Ide menarik kedengarannya. Ide lainnya, teman saya memanggil seorang hair styles ke rumah agar si ibu bisa mendapatkan perawatan rambut yang maksimal sementara si ibu sudah tidak bisa berjalan jauh lagi.

Begitulah delapan ide yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya dan sejumlah teman. Anda sendiri bagaimana?

Selamat berhari Minggu!

Advertisements

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.