OPINION

5 Hal Sebaiknya Dilakukan Perempuan Saat PMS

Premenstrual Syndrom (PMS) is like symptoms that happen few days before woman’s menstruation. It may be mood swings when a woman has several emotional feeling and unpredictable change of mood. Also PMS can cause usually physical disorders such as tummy cramps, back pain, headache and so on. Meanwhile another women may be help out by qualified physician because they feel several serious and painful disorders at PMS moment. Thus, I share tips in following what should women do in PMS upto my experience. 

***

PMS merupakan kepanjangan dari Pre Menstrual Syndrom, yakni gejala umum yang biasa dirasakan perempuan menjelang menstruasi. Tentu gejala umum ini bukan perkara yang mudah jika sebagian perempuan mendapati dirinya mulai mengalami perubahan mood sampai-sampai merasa sakit dan memilih istirahat di rumah. Dalam urusan pekerjaan sebenarnya tak ada pengecualian buat mereka yang sedang mengalami PMS.

Saya paham bahwa ini tak mudah bagi sebagian perempuan yang mengalami PMS dan menghambat aktivitasnya. Saya punya seorang teman yang selalu sedia obat sakit kepala dalam tasnya. Ketika dia menyadari PMS saat bekerja, buru-buru ia mengkonsumsi obat sakit kepala. Entah sugesti atau tidak, yang jelas antisipasi sudah dilakukan sebelum PMS menyerangnya sehingga ia tak bisa bekerja dengan baik di kantor.

So, sebagai perempuan yang juga mengalami PMS maka saya akan berbagi pengalaman di bawah ini. Ini sebagai pengingat diri sendiri bahwa sejatinya sebagai perempuan tidak perlu merasa cemas dan terganggu menjelang periode menstruasi.

1. Tetap beraktivitas seperti biasa 

Jangan jadikan PMS sebagai penghalang aktivitas anda! Dengan banyak bergerak dan beraktivitas, dijamin anda akan melupakan kekhawatiran soal PMS. Membuat tubuh bergerak dan beraktivitas seperti biasanya akan membantu menurunkan gejala-gejala psikologis seperti depresi, marah meledak-ledak, mudah emosi bahkan ingin menyendiri. Itu sih yang biasa saya rasakan saat PMS. Menyibukkan diri dengan tetap beraktivitas membuat diri fokus pada hal-hal di luar kehidupan pribadi. Karena PMS biasanya membuat perempuan lebih sensitif soal kehidupan pribadi.

2. Olahraga 

Melanjutkan poin nomor 1, PMS tidak menghalangi minat untuk berolahraga. Justru olahraga akan membuat tubuh lebih bugar saat PMS. Dengan olahraga yang benar akan mengurangi rasa nyeri menjelang menstruasi. Jika tak ada olahraga yang bisa dilakukan, coba berjalan kaki atau naik-turun tangga.

3. Minum obat bilamana diperlukan 

Lagi-lagi tiap  perempuan berbeda-beda dalam menghadapi PMS, ada yang mengalami gejala ringan saja namun ada yang mengalami sampai ke tingkat gawat hingga perlu penanganan khusus. Sepanjang anda masih mampu mengendalikan rasa nyeri saat PMS sebaiknya hindari minum obat. Mungkin anda hanya perlu relaksasi atau beristirahat yang optimal. Jika anda mengalami gejala-gejala yang membahayakan seperti sakit perut dan sakit kepala yang ekstrim, tak tertahankan maka anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

4. Perbanyak konsumsi makanan bergizi dan minum air putih 

Selama PMS tubuh juga perlu asupan makanan yang bergizi seperti lebih banyak mengkonsumsi sayuran hijau dan buah. Hindari makanan yang terlalu manis atau terlalu asin. Kontrol asupan minuman dengan memperbanyak minum air putih dan kurangi minuman manis. Jika terbiasa minum yang mengandung kafein setiap hari, sedapat mungkin kurangi asupannya saat PMS.

5. Alami apa yang dirasakan 

Semakin menyangkal apa yang dirasakan maka semakin membuat jengkel PMS yang kita alami. Setiap perempuan yang memasuki masa puber pasti mengalami periode menjelang menstruasi, hanya saja berbeda-beda tingkatannya. Ada yang biasa saja tetapi ada juga yang luar biasa sakitnya. Tips saya yang terakhir adalah alami apa yang dirasakan sehingga membuat tubuh lebih rileks dan tidak tegang. Dengan begitu, kita sebagai perempuan akan lebih santai menghadapi PMS.

Kesimpulan

Bagaimana pun PMS adalah periode alami yang dialami tiap perempun setelah memasuki masa akil baliq. Lima tips di atas adalah hasil pengalaman sendiri yang diharapkan bisa mengurangi keluhan fisik dan psikis para perempuan saat PMS.

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as: , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.