PSYCHOLOGY

Bagaimana Orang Bisa Panjang Umur?

As known, age is only number but longer life is always desireable. Do you have a secret to a long life? Recently I just read an interesting article that explained about it. Various studies prove how our life style defines the health. It leads me to summarize three ideas as following how elderly and senior people can be long life. 

Happy Wednesday!

***

Siapa ingin berumur panjang? Tentu berumur panjang dan sehat menjadi impian setiap orang. Di Jerman sendiri saya mengamati banyak para senior atau orang lanjut usia yang masih aktif bahkan tak mau kalah dengan mereka yang masih muda. Ini pernah saya ceritakan di sini, sebagaimana hasil penelitian yang saya kutip. 

Meski data tersebut di tahun 2012, namun baru-baru ini saya mendapati artikel di sini yang kurang lebih sama. Yakni rata-rata usia harapan hidup di Jerman untuk perempuan melebihi usia 80 tahun sedangkan pria melebihi 75 tahun. Dari artikel yang baru saya baca itu, saya terinspirasi untuk menuliskan tips bagaimana bisa panjang umur sebagaimana di bawah ini.

Umur adalah rahasia Ilahi dan tak ada yang tahu. Namun mencapai umur panjang selalu mendapatkan kebahagian tersendiri dari orang sekitar. 

1. Konsumsi makanan yang sehat

Di supermarket di sini tersedia aneka makanan sehat yang memang telah dilakukan pengontrolan ketat dan lolos uji. Makanan yang siap disantap telah melalui berbagai seleksi sehingga bisa dikonsumsi di sini. Semua sepakat bahwa makanan sehat mencegah berbagai penyakit yang datang. Setidaknya kita sendiri tahu apa saja pantangan yang perlu dilakukan jika ingin tetap sehat. Pastikan pula seimbangkan apa yang disantap dengan sayur dan buah yang kaya vitamin setiap hari.

Sebuah penelitian dari Imperial College London menyebutkan makan buah dan sayur yang higenis dapat mengurangi berbagai serangan penyakit. Bagaimana pun vitamin, mineral dan serat dalam sayuran dan buah akan mendorong fungsi usus dengan baik, mengurangi kadar kolesterol dan risiko serangan jantung. Untuk mendapatkan kelangsungan hidup yang baik, cegah sedini mungkin dengan asupan makanan yang sehat dan terjamin.

2. Perbanyak jalan kaki, hirup udara bersih dan menikmati alam 

Sebuah penelitian di Jepang menyatakan bahwa berjalan di hutan, menikmati alam dan menghirup udara segar dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Tentunya ini dimaksudkan agar tubuh bisa lebih rileks dan mengurangi stress yang mengancam risiko serangan jantung. 

Lain lagi hasil penelitian di Jerman yang mengatakan bahwa banyak berjalan dan menikmati alam akan melatih koordinasi gerak dan relaksasi. Ini adalah cara alami menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan indeks massa tubuh. Dari kedua penelitian ini, apakah kita masih malas berjalan kaki?

Di sini saya menemukan taman dan hutan dapat dilalui bagi para warga untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, lari atau bersepeda. Tua muda senang melakukan aktivitas tersebut kala hari Minggu atau hari libur. Tak perlu bayar mahal jika ingin tetap sehat. Area pejalan kaki juga dilindungi sehingga membuat orang aman dan nyaman. 

3. Tak pernah berhenti untuk belajar 

Belajar tak mengenal usia. Sampai kapan pun, kita akan bisa terus belajar jika kita punya kemauan. Bahkan saya menemukan banyak juga para senior dan orang lanjut usia di sini yang belajar bahasa asing. Mereka menyisakan waktu dari aktivitas harian mereka dengan tetap belajar. Teman lain yang belajar alat musik juga bercerita bahwa kebanyakan teman kelasnya adalah para senior dan lanjut usia. Aktivitas lain misalnya menulis dan membaca juga merupakan bagian dari belajar yang tak lekang oleh waktu. 

Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa belajar akan memaksimalkan fungsi otak seperti mempelajari bahasa baru atau alat musik. Tentu ini akan meningkatkan fungsi kognitif seiring usia terus bertambah. Baiknya belajar akan mencegah demensia yang kerap dilanda para senior dan lansia.

Kesimpulan

Umur adalah rahasia ilahi. Tiga tips di atas adalah sekedar ide dari bahan bacaan yang saya dapatkan. Tak dapat dipungkiri bahwa kelangsungan hidup seseorang juga ditentukan dari gaya hidupnya. Nah, semoga tiga tips di atas bisa menjadi bagian dari gaya hidup kita. 

Semangat hari Rabu!

Advertisements

Categories: PSYCHOLOGY

Tagged as: , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.