Tips Untuk Anda (20): Masak Bubur Sumsum Tanpa Daun Pandan

Saya suka bubur sumsum. Karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat saya jatuh cinta pada bubur sumsum sejak kecil. Seingat saya sewaktu kecil, penjual bubur sumsum di tempat tinggal saya adalah seorang nenek yang masih kuat menggendong bakul berisi bubur sumsum, santan cair dan gula merah yang diletakkan di punggungnya. Luar biasa memang!

Saya selalu menantikan nenek itu datang tiap sore hanya untuk menikmati semangkuk bubur sumsum. Lama saya menunggu nenek itu tak pernah datang hanya untuk mengingatkan saya untuk membeli dagangannya. Saya dengar kabar bahwa si nenek telah tiada. Singkat cerita, saya tak pernah tahu bagaimana membuat bubur sumsum. Jika saya ingin makan bubur sumsum, cukup beli yang sudah matang.

Berada di perantauan terkadang membuat saya rindu menikmati sajian tradisional seperti bubur sumsum. Lewat pencarian informasi, saya berhasil menemukan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur sumsum. Alhasil, saya berhasil mengobati rasa rindu menyantap bubur sumsum. Sekaligus sebagai pemula, saya belajar bagaimana membuatnya agar tetap enak dinikmati meski tanpa daun pandan.


Bahan yang digunakan

  1. Tepung beras 100 gram
  2. Gula merah 125 gram
  3. Santan kelapa 200 ml + air 200 liter 200ml
  4. Air 200 liter 200 ml
  5. Garam
  6. Air 200 liter 200 ml untuk gula merah
  7. Gula merah 125 gram

Cara memasak

  1. Masukkan tepung beras dan air dalam wadah. Aduk bersamaan hingga tercampur rata.
  2. Panaskan santan hingga panas mendidih. Tambahkan garam.
  3. Setelah santan berbuih, masukkan perlahan-lahan tepung beras yang sudah bercampur air. Teruslah mengaduk hingga menjadi bubur sumsum. Jika komposisinya tepat maka bubur sumsum tidak terlalu kental atau encer. Singkirkan sementara.
  4. Panaskan gula merah dalam panci berisi air. Beri garam sedikit.
  5. Aduk hingga gula merah larut. Tambahkan gula pasir jika perlu manis.
  6. Bubur sumsum dan gula merah siap disajikan.

Tips bagi pemula

Contoh pengaduk yang buat bubur sumsum semakin tercampur rata dan tidak menggumpal.

  1. Agar bubur tidak mengumpal saat dimasak, sebaiknya campurkan dulu tepung beras dengan air dingin. Karena jika tepung beras bercampur dengan air panas maka langsung menggumpal.
  2. Sebaiknya pilih pengaduk yang maksimal (lihat gambar) atau anda bisa menggunakan sendok sayur dari kayu sehingga tidak menimbulkan sisa dan semua tepung bercampur rata.
  3. Bagaimana pun bubur sumsum tetap berasa manis, hanya saja perlu masukkan sejumput garam dalam adonan tepung beras yang akan jadi bubur sumsum. Selain itu garam juga diperlukan untuk cairan gula merah.
  4. Dengan membuat sendiri tentu kita bisa mengatur tingkat kemanisan yang dikehendaki. Saya tidak menggunakan lagi gula pasir. Bagi saya sudah cukup manis, namun jika anda menghendakinya boleh saja.
  5. Agar lebih tahan lama, saya menyimpan bubur sumsum dalam lemari pendingin berikut cairan gula merah. Saya bisa mengkonsumsinya hingga tiga sampai empat kali dalam satu porsi.

8 Comments

    1. ach ok.. Saya salah. Sudah diperbaiki air 200 ml. Pertama kan tepung beras dulu + air 200ml diaduk dlm wadah sebelum dimasak. Airnya pake air biasa, bukan air panas mendidih. Kemudian, siapkan panci masukkan lagi santan + air 200ml. terimakasih koreksinya Hilma🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.