ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Fronleichnam 31 Mei, Mengapa Libur?

Dom St. Peter di Regensburg.

Hari ini tanggal 31 Mei menjadi hari libur di wilayah tempat tinggal saya. Kalender menandai tanggal 31 dengan warna merah yang tidak tebal seperti biasanya. Itu artinya, tidak semua wilayah bagian di Jerman pada hari ini menjadi hari libur. Hari libur pada hari ini disebut Fronleichnam. Bagi penduduk yang sebagian besar merayakannya maka mengalami libur di hari ini. Sebagian lagi tetap beraktivitas seperti biasa. 

Apa itu?

Fronleichnam adalah salah satu perayaan dalam kalender Gereja Katolik setelah 60 hari Kamis Putih, hitungan tri hari suci menjelang Paskah. Fronleichnam dirayakan untuk menghormati tubuh dan darah Yesus yang telah wafat di Salib. Tentu hanya Gereja Katolik saja yang merayakannya. Itu sebab hari ini bisa dikatakan hari raya Corpus Christi.

Dahulu di banyak tempat di Bavaria, Jerman mengadakan tradisi di hari Fronleichnam ini. Imam dan para putra-putri altar mengarak Sakramen Mahakudus dari jalan menuju Gereja. Umat yang mengikutinya bernyanyi dan berdoa. Mungkin masih ada yang melaksanakan tradisi ini pada hari ini. Namun di tempat tinggal kami, tradisi hanya dilakukan lewat pemberkatan di Gereja saja. Sejak kemarin saya dan sebagian umat sudah memenuhi Gereja dan melakukan penghormatan Sakramen Mahakudus setelah perayaan ekaristi.

Hari Fronleichnam tidak hanya dijadikan hari libur bagi sebagian Jerman. Ada sebagian negara di dunia yang memiliki mayoritas penduduk katolik juga menjadikan hari ini sebagai hari libur. Tadinya saya berencana ke tetangga sebelah untuk belanja, rupanya negara tetangga juga libur. Mungkin saya pergi ke Jerman sebelah utara yang tidak libur namun saya urungkan niat, lain kali saja. 

Di bulan Mei ini memang ada lima tanggal merah yang membuat sebagian orang senang berpergian, apalagi di sini udaranya sudah menjelang musim panas. Sebagian lagi memilih untuk beristirahat di rumah bersama keluarga. Pada hari libur semua kegiatan bisnis dan perdagangan libur seperti pada hari Minggu. Tak ada aktivitas perkantoran dan pertokoan. 

Begitulah, semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: , , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.