ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Jika ke Regensburg, Bisa Kunjungi 6 Tempat Berikut

Patung Raja Bavaria, Ludwig I.

Ada juga paket tur keliling kota dengan pemandu wisata yang informatif.

Beberapa waktu lalu, kami berkesempatan mengunjungi kota sebelah, Regensburg. Regensburg masih dalam wilayah Bavaria yang terletak di sebelah tenggara sungai Donau atau disebut juga Danube. Oh ya, Regensburg juga dilalui tiga sungai berbeda dimana salah satunya danube, atau di sini dikatakan donau. Regensburg menjadi wajib dikunjungi karena menyimpan kekayaan historis yang dilindungi dunia. 

Sebagai kota keempat terbesar di Bavaria, apa saja yang bisa dikunjungi?

1. Dom St. Peter 

Dahulu area dekat Dom menjadi pusat kota, hingga sekarang Dom St. Peter menjadi landmark kota Regensburg. Jika melihat penampakan depan katedral ini, kira-kira apa gaya bangunannya? Yups, gothic. Kebetulan saat saya datang tampak sedang direnovasi dan peremajaan. Bagaimana tidak? Katedral sudah ada sejak abad 13, bahkan jauh sebelum itu pada tahun 700an telah ada gereja sebagai tempat ibadah umat. Dom St. Peter begitu memukau dari kejauhan dengan dua menara yang tampak sama. Silahkan datang ke sini tetapi perlu diperhatikan bahwa ini adalah tempat ibadah! Hormati mereka yang datang berdoa!

2. Steinerne Brücke 

Jembatan batu yang sudah ada sejak abad 13 ini konon menjadi ikon kota Regensburg. Jembatan yang melintasi sungai Donau ini masih kuat hingga sekarang. Bentuknya yang melengkuk-lengkuk terlihat fenomenal.

3. Alte Kornmarkt 

Alte kornmarkt dahulu dijadikan semacam pasar untuk bertransaksi gandum. Kini tempat ini dijadikan pusat informasi bagi turis. Di sekitarnya tampak menara yang dibangun mirip kejayaan romawi di masa lalu. Kini wilayah sekitarnya menjadi pertokoan dan restoran.

4. Love Locked Bridge 

Seperti tak ingin ketinggalan fenomena love locked bridge, di sini anda juga bisa mendapatinya. Ini semacam jembatan gantung yang letaknya berseberangan dengan jembatan batu, steinerne brücke. Pasangan muda-mudi yang hendak mengabadikan kasih mereka dapat menuliskan nama mereka di gembok. Gembok itu dikaitkan pada jembatan. Lalu kuncinya dibuang ke sungai. Nama jembatan ini sebenarnya adalah Eiserner Steg.

5. Sungai Donau 

Bagaimana pun sungai donau atau danube memang memiliki keindahan tersendiri. Di sekitar sungai terdapat area pejalan kaki yang nyaman, semacam promenade. Banyak orang datang duduk di sekitar sini, menikmati suasana hingga ngobrol berbagai hal. Bagi anda pecinta museum, tak jauh dari sini ada “Brückturm-museum” dan “Donau-Schifffahrts-Museum” yang bisa dikunjungi.

6. Historiche wurstküche 

Ini semacam restoran yang bersejarah karena telah lama beroperasi. Bahkan sejarah mencatat restoran sudah melayani para pekerja pembuat jembatan batu, steinerne brucke dan pekerja bangunan Dom St. Peter. Sampai sekarang restoran yang hampir sebagian besar dari batu masih berdiri kokoh dan dapurnya mengepul melayani pembeli dengan baik. Karena tak muat di duduk di dalam, banyak orang senang duduk di luar sembari mengamati orang lalu lalang. Restoran ini menjual sosis panggang ukuran kecil dengan sauerkraut. Kuliner ini mirip seperti yang saya ceritakan di Nuremberg

Selanjutnya masih ada satu tempat yang memukau untuk dikunjungi, Walhalla. Untuk liputan ini dibuat terpisah. 

Semoga bermanfaat!

Advertisements

3 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.