OPINION

Sebelum Coba Kosmetik Pertama Kali, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Ilustrasi.

Setiap perempuan ingin tampil sempurna dan cantik. Salah satu membuat penampilan tetap terlihat cantik adalah menggunakan kosmetik. Bisa jadi segala kosmetik dicoba agar bisa tampil optimal. Berikut adalah hasil pengalaman yang saya bagikan saat mencoba kosmetik pertama kali.

Tak semua kosmetik bisa diterima dan digunakan. Pasalnya? Setiap perempuan punya kecocokan dan ketidakcocokan dalam menggunakan kosmetik. Ada yang bermasalah dengan alergi kulit misalnya. Namun ada juga yang menjadi semakin tidak percaya diri setelah menggunakan kosmetik. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan hal di bawah ini sebelum menggunakan kosmetik pertama kali.

1. Tanyakan ke sales kosmetik

Saat mendatangi gerai kosmetik yang lengkap dan anda membutuhkan saran tentang suatu produk, tanyakan kepada sales kosmetik. Umumnya sales tidak hanya bertugas sebagai penjual saja, mereka diberikan tanggungjawab melayani kebutuhan konsumen. Jika anda butuh produk, silahkan ajukan pertanyaan kepada sales. Mereka dengan senang hati membantu bahkan mengarahkan anda. Para sales sebelum “terjun langsung” bekerja, mereka sudah dibekali pengetahuan tentang produk dan kebutuhan konsumen. Jadi jangan ragu bertanya kepada mereka!

2. Minta referensi teman yang sudah mencoba 

Teman juga memberi pengaruh saat memutuskan menggunakan suatu produk kosmetik. Seorang teman bisa memberikan referensi produk yang pernah digunakannya dan kebetulan cocok untuknya. Sebagai pemula yang belum pernah pakai, anda akan berpikir untuk menggunakan saran dari teman ketimbang seorang public figure. Mengapa? Karena anda lebih percaya apa yang disampaikan teman. Anda sudah mengenal teman dengan baik daripada artis di tivi. 

3. Baca tinjauan blog dari  blogerin

Di era komunikasi yang serba cepat ini, begitu mudah kita mencari informasi yang mengulas suatu produk. Salah satunya caranya adalah membaca tinjauan dari blog yang beredar di dunia maya. Secara khusus ada blog yang memang bertujuan mengulas dan meninjau produk kosmetik. Nah anda bisa mempertimbangkan produk yang akan digunakan setelah membaca hasil pengalaman mereka. 

4. Nonton tinjauan vlog di youtube

Tak suka membaca? Anda bisa mencoba dengan menonton vlog yang dibuat para vlogerin di dunia maya. Sebaran penggunaan kosmetik tidak hanya produk dalam negeri saja tetapi mancanegara juga. Tak perlu khawatir menggunakan produk kosmetik sepanjang sudah dikenal publik secara meluas. Baca juga berbagai komentar dan pendapat orang yang sudah mencobanya. Barangkali bisa jadi rekomendasi untuk anda.

5. Coba di tangan dulu

Sebelum mencoba kosmetik yang belum pernah dicoba di wajah, coba dulu di tangan. Mengapa? Pertama, ini dilakukan untuk menghindari alergi dan risiko yang muncul dan langsung kontak dengan wajah. Apalagi misalnya anda menggunakan produk sampel yang mungkin sudah dicoba banyak orang. Kedua, mencoba di tangan akan membantu anda menentukan kesesuaian dengan warna kulit. 

6. Baca petunjuk pada kemasan produk 

Bagaimana pun menggunakan produk kosmetik juga tidak boleh sembarangan. Perhatikan pula pemakaian produk kosmetik yang tertera seperti bagaimana menggunakannya, waktu penggunaan dan saran menggunakannya. Terkadang ada informasi kemasan yang tidak lengkap menjelaskan, anda bisa mencari tahu dengan menyimak poin-poin di atas. 

Kesimpulan

Menjadi cantik adalah dambaan setiap perempuan. Menggunakan kosmetik adalah salah satunya agar tetap cantik. Tentu penggunaan kosmetik yang mendatangkan manfaat, bukan mudarat. 

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as: , , ,

6 replies »

  1. Setuju sekali, Kakak. Memang ini juga yang sering saya pribadi lakukan. Terutama untuk minta petunjuk dari Youtuber-youtuber terkenal mengenai produk yang mau dibeli. Melihat review dari mereka mampu membantu menentukan pilihan. Maklum, make up tidak semuanya memiliki harga terjangkau dan formulanya sesuai dengan keadaan kulit pemiliknya. Terima kasih sudah mengingatkan, Kak.

    Liked by 1 person

  2. Makasi sudah sharing pengetahuannya

    Kadang beberapa kasus telah coba di tangan sudah oke dan di coba di wajah udah ok, tetapi begitu setelah di make up dan di hapus ternyata wajah jadi beruntusan dan gatal… ternyata kuasnya nggak bersih, itu juga perlu diperhatikan huhuhu

    Liked by 1 person

    • Ah ya, itu juga bisa jadi penyebabnya. Untuk pemakaian kosmetik pertama kali memang harus cermat karena kuas yang pernah habis pakai tentu berpengaruh pada wajah juga. Terimakasih sudah mampir dan berbagi pendapat.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.