FOOD

Panini, Roti Khas Italia Patut Dicoba: Makanan Khas Italia (10)

Panini, kira-kira apa yang terbayang dalam benak anda pertama kali saat mendengarnya? Pertama kali saya ditawari pramusaji untuk mencobanya, semula saya pikir ini sejenis kue. Saya setuju saja memesan tanpa tahu apa sebenarnya panini ini. Penasaran saya pun memesan lagi di tempat berbeda dan mendapati bentuk yang berbeda seperti yang anda lihat di atas.

Pertama-tama, apa sih panini itu?

Di sini ada beragam roti yang dijual di toko roti dan supermarket. Untuk makanan tertentu maka roti pun harus disesuaikan jenis dan rasanya. Sebagai salah satu makanan pokok di Jerman, roti juga menjadi keseharian untuk dimakan tiap hari. Panini adalah salah satunya, meski roti ini berasal dari Italia. 

Panini dalam bahasa Italia bermakna roti (jamak) sandwich. Seperti yang anda lihat pada gambar pertama di atas, panini sebagai sandwich. Panini seperti ini mudah ditemukan di gerai restoran atau cepat saji karena praktis. Siapa pun mengenal sandwich sebagai makanan praktis, karena bisa dimakan tanpa peralatan makan atau tanpa meja makan. 

Pada gambar pertama di atas adalah panini grilled seperti sandwich. Ada dua pilihan. Jika tak ingin makan dengan daging ham maka isinya hanya keju mozarella, tomat dan saus panini yang lezat. Namun panini yang lengkap ditambahkan daging ham di dalam isian. Agar semakin enak, tentu saus panini melengkapi isinya. Saus ini berwarna kehijauan ini terdiri atas bawang putih, garam, merica, daun oregano dan minyak sayur. Dioleskan pada kedua sisi roti panini.

Roti panini sendiri rasanya seperti roti Italia pada umumnya yakni baguette atau ciabiata. Sedangkan panini pada sandwich dibelah dua dengan isian salami, daging ham, keju dan salad sayuran. Lalu untuk memanggangnya ada pemanggang roti yang menjepit kedua sisi roti dan membuatnya matang.

Di lain tempat, saya disunguhi panini dalam versi berbeda. Saya memesan salad dan panini sebagai side dishes. Ini dapat anda lihat pada gambar kedua di atas. Bentuk panini tidak seperti sandwich namun seperti bulat bola-bola. Meski rasa roti sama, hanya saja bentuk yang berbeda. Saya sendiri sudah cukup kenyang memakan dua sampai tiga bola panini dengan salad. 

Hmmm, menarik. Apa anda pernah menikmati panini?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , ,

2 replies »

    • Panini nama roti pak, hanya saja di sini sering menggunakan sandwich dengan panini. Selebihnya kita tahu bahwa sandwich terkadang pakai roti seperti roti tawar begitu. Rasa rotinya enak dan mengenyangkan pak

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.