OPINION

Cara Unik Orang Cari Uang (1)

Life is so harder to think how to earn money. That is why I explained such following the unique ways as observed around. I thought as long as you have a creativity idea with good willing, the good luck may comes to you. Thus firstly a man who has talent to write a name at a tiny grain of rice then putting a tiny bottle to be pendant. Secondly, the unique man wore gold costume and getting attractive around that became a statue for longer time in public area.
***

Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan uang, asalkan dengan cara yang halal dan tidak merugikan orang lain. Sepakat bahwa kreativitas juga menuntut seseorang untuk bisa bertahan dan mendapatkan uang. Kreativitas tidak melulu soal seni. Sepanjang ada kemauan, siapa pun bisa melakukannya dengan baik. Ini pula yang menginspirasi saya mengamati kondisi sekitar.

Pertama, menjual kalung berisi nama yang dituliskan di sebutir beras.

Suatu kali saya datang ke salah satu acara festival di sini. Berbagai jualan makanan, minuman, pakaian, perabotan, mainan anak dan pernak-pernik lainnya dilakukan. Namun ada satu yang membuat saya tertegun, dimana beberapa anak dan remaja mengerumuni seorang pria yang tengah asyik dengan keahlian tangannya. Lalu pria ini menyebut sejumlah Euro sambil memberikan kalung yang sudah selesai dipesan si anak. Anak itu memberikan sejumlah uang dan mengambil kalung itu dengan sukacita.

Yups, ini adalah jualan unik yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Pria ini menuliskan nama sesuai pesanan di sebutir beras yang sangat kecil menurut saya. Lalu beras yang sudah berisi nama dimasukkan dalam tabung berwarna sesuai permintaan si pemesan. Kemudian tabung kecil seukuran beras itu dikunci dan dimasukkan sebagai liontin kalung. Katanya sih, kalung ini akan membawa keberuntungan. 

Ada dua hal menarik dari ide ini. Bahwa pria ini bisa menjual talentanya, menuliskan nama pada biji beras yang sungguh sangat mini menurut saya. Belum tentu semua orang bisa melakukannya dengan baik, termasuk saya. Hal menarik lainnya adalah alasan orang memesan. Apakah ada alasan seni atau keberuntungan sebagaimana yang jadi ide dari pria ini?

Kedua, menjadi patung selama mungkin.

Dengan gaya gravitasi, pria ini seperti bergantung pada piano dan memainkan alat musik. 

Ide kedua ini juga mungkin pernah anda jumpai di Jakarta. Saya pernah mendapati hal serupa di area wisata, kota tua. Bagaimana seseorang bisa berhias diri agar menarik perhatian dan kemudian bertahan selama mungkin seperti layaknya patung. Karena terlihat unik dan menarik perhatian di sekitar, tak jarang orang datang mengajak foto bersama. Tentunya ini tak gratis, meski tak ada patokan harga ambil foto.

Selain berfoto, orang yang bergaya layaknya patung ini juga berhasil menarik simpati orang. Mereka terkadang memasukkan uang koin di topi yang dijadikan pelemparan uang. Siapa sih yang bisa tahan tak bergerak selama mungkin, apalagi saat matahari bersinar terik kala saya datang. Ada juga orang iseng lainnya yang sengaja memberikan kejutan agar “patung” bisa bergerak. Entah karena sudah terbiasa, si “patung” tampak tak terganggu. Beberapa yang lewat dan simpati kemudian melemparkan uang koin ke dalam topi.

Bagaimana menurut anda?

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as: , ,

7 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.