FOOD

Suzuki atau Soutzukakia, Bakso Daging Goreng ala Yunani: Makanan Khas Yunani (4)

Suzuki.

Saya dan suami makan siang di restoran Yunani. Sudah lama kami tidak mencoba restoran citarasa tradisional yang memiliki kebudayaan menawan itu. Maklum saja, setelah berkunjung ke Wahala, tentu angan menuju ke Yunani menjadi tujuan kami. Karena banyak hal yang mungkin bisa dieksplor di sana. 

Makanan satu ini bernama suzuki sebagaimana yang tertulis dalam daftar menu. Meski ada juga yang menyebutnya soutzukakia, setelah saya cari tahu sendiri. Dalam daftar menu dikatakan bahwa makanan ini terdiri atas daging cincang yang digoreng, nasi khas Yunani dan zaziki. Zaziki ini semacam yoghurt asam yang dicampur dengan bawang putih dan lemon. Ini semacam pelengkap rasa dari hidangan. Sepertinya zaziki selalu tersedia di ujung piring saat kita memesan makanan utama di restoran Yunani. 

Saya pesan suzuki karena penasaran dengan rasanya. Sementara suami saya pesan menu souvlakiyang sudah pernah saya bahas di sini. Daging yang dipanggang dengan cara ditusuk seperti sate. Tusuk satenya bukan dari kayu tetapi logam. Ternyata souvlaki tetap sama seperti yang sudah dimakan sebelumnya. Rupanya dia malas memilih hidangan lain yang belum pernah dicobanya.

Minuman yang dipesan plus ouzo, kiri.

Salad.

Souvlaki.

Pesanan datang, pertama adalah minuman yang kita pesan berikut minuman tradisional Yunani, Ouzo. Ouzo selalu dalam gelas mini yang diminum sekali tegak, langsung ke tenggorokan. Suami menghabiskan ouzo milik saya. Selang tak lama, datang salat sayuran. Aneka sayuran seperti kol, kol merah dan wortel dijadikan satu dengan dressing yang menurut saya cukup lezat. Setelah puas menikmati hidangan pembuka, datang makanan yang dipesan.

Suzuki yang jadi pesanan saya terdiri atas dua nasi merah yang dibentuk seperti gundukan mini, tiga potong daging goreng, zaziki. Ini seperti bakso karena merupakan daging giling yang dibentuk bola dan dipipihkan. Kemudian digoreng sebelum disajikan. Nasi merah ini seperti nasi dan saus tomat yang menguatkan rasa suzuki. Konon suzuki adalah bola-bola daging yang digoreng dengan tambahan jinten di dalam. Jinten memang kerap digunakan untuk makanan khas Mediterania.

Suzuki berasal dari Izmir, salah satu kota tua di Turki yang ditemukan oleh Alexander Agung. Sepertinya ada sejarah masa lalu antara Turki dengan Yunani. Kemudian sebagian lagi mengatakan suzuki berasal dari Symirna, salah satu wilayah kota lama di Yunani. Dari mana pun asal suzuki, tentu ini bukan nama sebuah merek asal Jepang. Ini adalah makanan tradisional khas Yunani.

Penasaran ‘kan?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.