OPINION

Gangguan Tidur di Musim Panas, Begini Tipsnya

 As known good sleeping is important thing to have fit and healthy life. Some people common have problems sleeping in beginning sommer. I’ve searched out some sources to prove this reality and how to handle it. Due to extra hours of daylight and heat our body, it can effect to our wake/sleep cycle time. The majority people can handle this matters and the rest might be appears problem at night time. So following post is only my opinion about the cause and four things to solve when people tend to have problems in beginning summer season.

img_20161025_215038_527.jpg Ilustrasi. Sumber Foto: Dokumen pribadi.

 

Setiap orang bisa punya kecenderungan menyukai satu dari empat musim di sini. Ada orang suka musim dingin, sebagian tidak. Ada orang suka musim panas, sebagian lagi tidak. Begitulah hidup. Selamat datang Juni! Selamat datang musim panas!

Suhu di luar akhir-akhir ini sekitar 25-30 derajat celcius. Bagi saya tidak seberapa dibandingkan di Indonesia, namun sudah banyak orang yang mengeluh dengan cuaca yang panas. Kata mereka, cuaca begini membuat mereka mudah lelah. Tipsnya tentu perbanyak air putih dan konsumsi banyak buah-buahan.

Kembali ke soal tak bisa tidur, rupanya musim panas tidak serta merta membuat orang nyaman untuk tidur. Sebagian orang bisa jadi mengalami gangguan tidur. Artinya, mereka menjadi sulit tidur. Hal ini wajar saja terjadi. Setelah ditelisik, rupanya lamanya matahari bersinar membuat kondisi yang semula malam masih terlihat terang benderang. Misalnya biasa tidur jam 20.00 atau 21.00 sementara suasana di luar masih terang benderang layaknya siang hari.

Penyebab lain gangguan tidur saat musim panas bisa juga karena suhu di luar sepanjang hari panas dan kondisi kamar tidur pun jadi ikutan panas. Ini bisa terjadi misal pada tempat tinggal di bangunan tinggi seperti apartemen. Bersyukurlah jika di Indonesia harga AC masih terjangkau dompet. Mudah juga kita membeli AC di Indonesia. Di sini tidak, AC bukan barang populer yang selalu ada di rumah tangga. Suhu kamar tidur yang panas bisa membuat orang sulit tidur juga.

Nah, bagaimana siasatnya jika mengalami gangguan tidur di musim panas? Berikut saran yang bisa membantu.

Pertama, cobalah tidur dengan ritme yang sama. Dengan begitu tubuh terbiasa untuk menjalani kebiasaan tidur. Dengan pola tidur yang teratur dijamin akan membuat anda bisa memulai tidur dan bisa mempertahankan kualitas tidur dengan baik. Seberapa pun sibuknya anda, jika itu memang waktu tidur anda maka tubuh pun ikut menyesuaikannya.

Kedua, tutup jendela kamar tidur dengan rapat dan tidak membiarkan segala bentuk cahaya di kamar. Di luar mungkin belum gelap namun tubuh dan mata sudah merasa lelah. Saat tiba di kamar tidur, malahan tidak bisa tidur. Selidiki lagi, mungkin kamar tidur anda masih terang. Usahakan untuk membuat kamar menjadi gelap yang memudahkan mata terlelap. Cahaya bisa menjadi acuan jam biologis tidur. Itu sebab kita mudah tidur di malam hari ketimbang siang hari dimana banyak cahaya di sekitar. Mata yang menyerap cahaya bisa jadi menganggap bahwa belum waktunya tidur. Meminimalisir cahaya bahkan tidur dalam keadaan gelap akan sangat membantu.

Ketiga, hindari segala penyebab yang membuat tidak bisa tidur. Ada banyak kebiasaan menjelang tidur, lakukan itu semua dengan baik agar anda merasa nyaman untuk tidur. Apa saja itu? Bisa dilihat di sini. Juga asupan yang baru saja dikonsumsi misalnya tidak minum kafein menjelang tidur. Untuk menghinari tidak bisa tidur, hentikan penggunaan elektronik seperti handphone, lampu, televisi di kamar tidur. Karena mata bisa menyerap cahaya yang menyebabkan kita kembali tidak bisa tidur.

Keempat, buat kamar tidur menjadi nyaman dan sejuk. Seperti yang disampaikan di atas, karena udara yang terik sepanjang hari bisa membuat kamar tidur berhawa panas. Ini menjadi sebab bagi sebagian orang untuk tidak bisa tidur. Hawa panas dan berkeringat, tentu tidak nyaman buat tidur. Jika tidak ada AC, pendingin ruangan atau penyejuk ruangan maka biarkan sepanjang hari jendela kamar tidur terbuka untuk memberi udara yang segar. Ganti selimut yang cocok untuk musim panas. Kenakan baju tidur untuk musim panas yang longar, terbuat dari bahan katun dan tidak menutupi keseluruhan tubuh.

Kesimpulan

Bisa jadi perbedaan musim tidak membuat masalah tidur bagi sebagian orang. Namun kecenderungan tertentu memiliki gangguan tidur di musim panas dapat diatasi sebagaimana cara-cara di atas.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as: , , ,

10 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.