ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Museumsdorf Bayerischer Wald: Mengamati Rumah Dari Masa Ke Masa (2)

Di jaman dulu, orang bavaria banyak membangun rumah dari kayu.

Berangsur-angsur rumah dibuat dari batu granit.

Namun ada juga rumah yang dibangun dengan kedua unsur tersebut di Bavaria, Jerman.

Melanjutkan hasil kunjungan saya ke Museumdorf Bayerischer Wald, pada bagian kedua ini akan dijelaskan tentang rumah tinggal. Untuk melihat bagaimana bagian pertama dijelaskan, dapat dicek di sini.

Home sweet home. Bagaimana pun rumah tak hanya sekedar sebagai tempat berteduh, namun menjadi sejarah kehidupan manusia. Jika diamati rumah-rumah di Bavaria di masa lalu memadukan bahan bangunan kayu dan batu, bahkan hingga sekarang masih ada juga rumah yang dibangun memadukan kedua unsur tersebut. Kayu juga dipergunakan sebagai perkakas rumah tangga seperti kursi, meja, lemari, tempat tidur dan juga perkakas pekerjaan seperti pertanian dan peternakan. Sekarang perkakas rumah tangga sudah terbuat dari berbagai macam material, lebih moderen, nyaman dan praktis.

Dinding kayu di “Napoleonhäus” yang berlubang bekas hantaman peluru.

Ketika masuk museum di muka, pengunjung disuguhi Napoleonhäus, yang menjadi sejarah bagaimana masa Napoleon menguasai sebagian besar Eropa termasuk Jerman. Rumah yang berdinding kayu ini dibangun sekitar tahun 1700-an sempat ditembak pasukan Perancis sekitar tahun 1812. Periode Napoleon berkuasa berkisar tahun 1790-an hingga 1815. Lubang-lubang peluru pada dinding masih membekas, kemudian rumah ini dihuni oleh cucu, cicit dan generasi penerusnya. Sempat mengalami perbaikan, namun dinding kayu bekas peluru tetap dipertahankan.

Hal menarik lainnya yang saya amati adalah pembagian ruang dalam rumah di sini dari masa ke masa. Di tahun 1800-an misalnya perkakas perkebunan dan peternakan menjadi bagian dari rumah. Ada yang diletakkan di gudang, dalam satu atap. Ada yang diletakkan terpisah dan di luar rumah. Berangsur-angsur tak ada lagi bagian itu dalam rumah tinggal.

Ruang makan tampak sederhana di salah satu rumah 1800-an.

Berangsur-angsur ruang makan sudah tampak lebih moderen. Dan ada sofa di sebelah kiri.

Salah satu kamar tidur.

Ruangan mencuci dan mengeringkan pakaian di jaman dulu di luar rumah. Kini banyak dilakukan di keller, ruang bawah tanah atau dalam rumah.

Untuk kebutuhan mencuci dan mengeringkan pakaian di sini sudah menggunakan mesin, jaman dulu diletakkan di luar rumah, di suatu ruangan terpisah dan menggunakan papan penggilas. Di situ pula terdapat oven untuk mengeringkan pakaian, yang mungkin dipergunakan pada musim dingin. Jika sekarang semua rumah sudah memakai pemanas otomatis nan praktis di musim dingin. Di masa lalu ada tungku lengkap dengan cerobongnya untuk menghangatkan ruangan.

Baca https://liwunfamily.com/2017/10/08/ini-dia-fungsi-keller-ruang-bawah-tanah-rumah-di-jerman/

Rumah-rumah orang di sini di masa lalu memang besar, bahkan hingga bertingkat-tingkat. Itu belum termasuk keller, ruang bawah tanah dan gudang penyimpanan. Mengapa rumah di Bavaria dulu besar? Karena dalam satu rumah bisa dihuni untuk 3 generasi sekaligus. Mereka hidup dalam keluarga besar, seperti kakek-nenek hingga cucu dalam satu rumah bersamaan. Kini berangsur-angsur orang memilih hidup terpisah, meski masih ada juga orang yang mempertahankan tradisi itu.

Rumah di sini selalu besar.

Sudah tampak moderen, halaman rumah dijadikan kebun perkarangan.

Tampak pula informasi dan tempat pembuatan bagaimana orang Bavaria membuat roti sebagai makanan pokok. Boleh dibilang ada ribuan merek bir di Jerman. Nah, di sini juga kita bisa mengetahui bagaimana memproduksi bir lokal di masa lalu. Juga diperlihatkan bagaimana mereka mendapatkan sumber energi dari air atau PLTA (pembangkit listrik tenaga air). Atau bagaimana mereka yang hidup dari peternakan mengelola ternak mereka. Hmm, menarik!

Masih ada cerita selanjutnya, silahkan ditunggu ya!

Advertisements

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.