ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Reispfanne, Nasi Goreng yang Mereka Kenal: Makanan Khas Jerman (35)

Reispfanne.

Apakah tidak ada nasi goreng di Jerman? Begitu pertanyaan seorang teman yang mau datang berkunjung ke sini dan merupakan penggila nasi goreng. Saya kenal baik beliau. Begitu mudahnya saya menyajikan makanan untuknya saat sama-sama dulu di Jakarta. Cukup panggilkan tukang nasi goreng keliling sudah membuatnya senang. Bahkan saat kami mampir di restoran mahal sekali pun, ia lebih memilih makan nasi goreng ketimbang makan steak. Ya, tiap orang itu unik termasuk teman saya ini.

Jangan dikira di Jerman tidak ada nasi goreng! Di Jerman nasi goreng bisa disebut dengan nama reispfanne. Berasal dari kata ‘reis‘ yakni nasi dan kata ‘pfanne‘ yang diterjemahkan digoreng. Jadi percaya jika di sini pun ada nasi goreng. Ini pula sebab ibu mertua memasakkan reispfanne saat kami datang pertama kali berkunjung.

Berkaitan dengan reispfanne, di foto adalah salah satu reispfanne yang dibuat oleh seorang teman Jerman saat saya berkunjung ke asramanya. Ceritanya kami belajar bersama di tempat tinggalnya. Saya membawa minuman dan snacks sementara teman saya menyiapkan makan siang untuk bekal selama belajar. Sebelum datang, dia bertanya apa makanan tradisional Indonesia? Saya jawab beberapa. Ketika saya menyebut ‘nasi goreng’ maka dia merasa tak asing lagi dengan makanan itu. Sepertinya mudah di dapat di sini.

Jadi seorang teman Jerman memasakkannya untuk saya, semacam nasi goreng. Menurut saya, nasinya terlalu lembek seperti berair sementara nasi goreng yang saya kenal di negeri saya tidak begitu. Penyebabnya jenis beras yang digunakan. Menurut saya, ini bukan beras yang cocok untuk digoreng.

Cara memasak nasinya pun berbeda. Dia masukkan beras dalam panci berisi air mendidih. Beri garam sedikit dan kemudian masak selama 10-15 menit. Kemudian entah bagaimana caranya, beras yang sudah jadi nasi ditiriskan. Tahan selama beberapa menit hingga tiris airnya sebelum digoreng.

Untuk bumbunya hanya garam, merica dan saus tomat. Setelah aneka sayuran seperti paprika, bawang bombay yang sudah dicincang, timun jepang dan wortel dimasak, kemudian nasi dicampurkan untuk digoreng. Saya pikir menjadi lembek karena saus tomatnya dan paprika.

Untuk melengkapi hidangan, reispfanne bisa disantap dengan spiegeleier, atau biasa kita sebut telur mata sapi. Di sini telur mata sapi dibuat setengah matang. Terbayang ‘kan lembeknya nasi berbaur dengan kuning telur setengah matang.

Hmmm, kira-kira anda tetap pilih nasi goreng gerobak keliling atau “nasi goreng” buatan teman saya?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: , ,

5 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.