ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Sonneuhr: Mengenal Jam Matahari yang Kini Tidak Populer

Apakah anda tahu jam matahari? Sejujurnya saya tidak tahu apa dan bagaimana sebenarnya jam matahari itu. Hingga suatu hari saya dan suami berjalan di taman kota. Suami tiba-tiba melirik ke atas, seperti menara kemudian dia melihat jam tangan untuk memastikannya. Karena penasaran, saya bertanya apa yang terjadi padanya.

Yups, untuk pertama kali saya melihat jam matahari secara nyata. Suami memastikan kecocokan antara jam matahari dengan jam yang berlaku saat itu. Ternyata tepat sekali. Jam matahari tampak terpajang di menara itu. Akhirnya saya tahu jam matahari, karena selama ini saya hanya belajar saja di sekolah tentangnya.

Di Jerman katanya sih jam matahari mudah ditemukan di area publik. Namanya jam matahari tentu bergantung pada posisi matahari. Dengan begitu kekurangan dari jam matahari adalah tidak berlaku kala malam hari saat tidak ada matahari. Saat ini di sini adalah musim panas, dimana matahari bersinar lebih panjang atau lebih lama. Jam 21.00 saja masih terlihat terang benderang. Dapat dikatakan jam matahari cocok digunakan saat musim panas.

Apakah anda bisa membaca jam berapa sekarang berdasarkan jam matahari yang tampak pada foto di atas?

Jam matahari dalam bahasa Jerman disebut die Sonneuhr. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sundial. Jam matahari berbeda dengan jam sebagai penunjuk waktu yang kita kenal. Untuk membacanya digunakan bayangan linear yang bergantung pada skala jam dial, yang bertuliskan angka romawi 1 hingga 12.

Sekarang apakah anda sudah bisa membacanya? Jam berapa tampak pada foto di atas? Ya, posisi bayangan linear berada di antara angka 2 dan 3 romawi.

Dahulu jam matahari tertua memang dipergunakan sebagai penunjuk waktu oleh masyarakat Yunani sekitar sebelum masehi. Sesudahnya jam matahari ditempatkan di area keramaian seperti taman dan bangunan pusat kota sebagai penunjuk waktu. Bahkan beberapa orang yang benar-benar paham tentang ini, suka mencocokkannya dengan penunjuk waktu yang kita kenal seperti sekarang dengan jam matahari. Katanya sih jam matahari lebih akurat.

Apakah di Indonesia juga ada jam matahari? Jawabnya ada. Ini bukan berarti jam operasi pusat perbelanjaan “Matahari” tetapi benar-benar jam matahari seperti yang saya katakan di atas. Dalam pencarian dikatakan ada jam matahari juga di Yogyakarta dan Bandung.

Bagaimana cerita anda soal jam matahari?

Advertisements

2 replies »

  1. pas masih SD dulu sih pernah bikin prakarya jam matahari
    tapi kalo ini lebih keren sih ya
    pake dibuat lukisan” gitu
    dasar orang Yurop!
    wkwkwk

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.