FOOD

Reisnudelnsalat mit Rindfleisch, Salad Khas Kamboja: Makanan Khas Asia (30)

Apakah anda suka salad? Jika ya, boleh dicicipi salad yang satu ini asal Kamboja. Saya benar-benar suka dengan rasanya yang sedikit pedas, asam dan menyegarkan. Salad ini tak ubahnya salad khas Thailand yang pernah saya bahas di sini. Mungkin Thailand dan Kamboja bertetangga sehingga rasa dan rupa kulinernya sedikit ada kesamaan.

Anda pasti takjub jika melihat siapa pengelola dari kafe dan restoran yang menyajikan salad ini. Pasalnya mereka bukan orang Kamboja atau Thailand. Pastinya mereka bukan orang Asia pula. Adalah beberapa muda-mudi Eropa yang sedang berwirausaha di sini. Kafenya tidak besar namun dibangun dengan nyaman khas anak muda. Beberapa buku resep atau kumpulan kuliner asal Asia menghiasi meja pelanggan.

Karena mendapatkan informasi dari rekan mahasiswa, saya penasaran untuk mencicipinya. Melihat menu yang terpampang di dinding dekat kasir, mata saya langsung tertuju pada reisnudelnsalat. Langsung saya membayar di muka dan menunggu sepuluh menit. Pesanan pun diantarkan ke meja saya.

Reisnudelnsalat adalah semacam salad yang terdiri atas bihun beras, potongan daging sapi goreng dan tauge besar. Tambahan sayuran sebagai pelengkap sajian yakni daun ketumbar, daun mint, irisan lemon dan irisan timun. Di atas salad ditaburi kacang tumbuk yang tak halus. Kacang ini katanya dipanggang sebelumnya baru kemudian ditumbuk tak halus. Lalu ada tambahan bawang goreng yang ditaburi di atas salad. Namun apa yang membuatnya lezat adalah sausnya.

Untuk membuat saus yang menyegarkan, ada triknya. Saus terdiri atas air jeruk nipis, cuka beras, saus kecap ikan, cabai, gula, bawang putih dan sereh. Semuanya dicampurkan bersamaan sehingga menghasilkan rasa pedas, asam dan segar. Saya suka rasanya yang benar-benar pas di lidah. Sedangkan potongan daging sapi hanya digoreng seperti biasa. Lalu dihidangkan ketika dingin.

Reisnudelnsalat ini cocok disajikan saat makan siang di waktu sommer seperti ini. Suhu di luar mencapai 30 derajat celcius. Salad ini tetap mengeyangkan dan menyegarkan.

Hmm, bagaimana menurut anda?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.