OPINION

Tips Atasi Rasa Bosan Blogging Tiap Hari

How to make the challenging in life? I did it every day to post and blog. I said this process was repeated day to day until 10th month within a year, but also I feel so bored sometimes. Since September 2017 I have dared myself to write passionately in my personal blog every day. I thought daily blogging should be joyful, is it?

The necessary thing should be known that daily blogging is filled in love and excitement. It is like cooking. When you have no love and excitement, no wonder how is your food then. I share my tips how to fight bored feeling in daily blogging as happened.

Menulis di blog tiap hari itu sama seperti memasak. Itu sih pendapat saya.

Membuat target menulis di blog bukan hal mudah pun hal yang susah. Target saya saat ini adalah dalam setahun satu hari satu pos yang sudah dimulai sejak September tahun lalu. Itu sudah berhasil hingga sekarang. Apakah saya mampu mencapainya hingga akhir Agustus tahun ini? Kita berdoa saja.

Nyatanya ada banyak kesibukan yang perlu didahulukan ketimbang ngeblog. Namun sejatinya menulis di blog itu menyenangkan bagi yang meyakini, bukan sekedar cari penghasilan. Kuncinya adalah berbagi apa saja untuk kepedulian mulai dari pengalaman keseharian hingga sesuatu yang fiksi dan tak mungkin nyatanya. Orang bebas dan bertanggungjawab mengekspresikan apa yang ditulisnya.

Nah bagi anda yang hendak memulai menulis setiap hari berikut ada siasatnya. Siasat ini ditujukan untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh. Terus terang kebosanan bisa melanda siapa saja, termasuk profesional atau amatiran dalam menulis blog. Itu yang saya alami. Di bawah ini adalah tips yang mungkin membantu anda.

Pertama, tidak menulis saat terpaksa atau memaksa diri menulis.

Dilarang menulis dengan terpaksa! Kuncinya adalah menulis itu harus menyenangkan. Apa pun di dunia ini yang dilakukan dengan terpaksa dan tanpa cinta hasilnya pasti tidak memuaskan. Contohnya adalah saat saya memasak. Saat saya meracik bumbu, mengolahnya hingga menatanya di piring diperlukan ‘cinta’ karena tanpanya pastinya hasil tak seperti yang diinginkan. Menulis pun demikian. Menulis itu harus menyenangkan. Bukan hanya untuk menyenangkan orang yang membaca tetapi menyenangkan diri sendiri.

Kedua, cari hal yang menurut anda menyenangkan misal baca koran, nonton tivi, makan, memasak, dll.

Ketika rasa bosan melanda, apa yang biasa anda lakukan? Bosan tidak hanya soal ngeblog, bisa saja dalam hal lain seperti bekerja misalnya. Pertama-tama agar tidak larut dalam kebosanan, temukan hal lain yang menurut anda itu menggairahkan dan menyenangkan. Misalnya saat bosan menulis, pergi main basket. Bosan menulis, menonton serial tivi favorit. Bosan ngeblog, memasak makanan kesukaan. Bosan tiap hari menulis, baca majalah gosip. Hal apa saja yang menurut anda tidak menuntut anda untuk menulis, lakukan dengan baik.

Ketiga, mendengarkan musik atau bernyanyi.

Mendengarkan musik yang anda suka ternyata memberikan rileksasi. Rileksasi ini agar anda tidak jenuh dan punya perasaan yang berbeda. Jangan putar musik mellow! Putar musik ceria dan temponya membangkitkan semangat. Bernyanyilah seolah-olah anda adalah penyanyi dalam lagu itu. Bernyanyi akan membuat anda menyalurkan rasa jenuh yang sedang dialami.

Keempat, berjalan dan menghirup udara segar.

Kebanyakan rasa jenuh dikarenakan melakukan hal yang sama dan berulang-ulang. Namun berjalan dengan tenang, menikmati suasana alam tanpa disibukkan dengan benda elektronik dan menghirup udara segar belum tentu dilakukan tiap hari. Berjalan sambil menghirup udara segar akan membuat pikiran dan perasaan menjadi rileks. Ini menyehatkan fisik dan mental. Karena berjalan dan menghirup udara akan selalu memberikan pengalaman berbeda meski dilakukan di tempat dan waktu yang sama. Coba deh! Pengalaman berbeda ini dipercaya menghilangkan rasa bosan dan jenuh.

Kelima, bermainlah!

Siapa pun percaya bahwa bermain itu menciptakan keriaan. Permainan apa yang disukai? Lakukanlah itu dengan penuh sukacita! Dengan begitu anda menciptakan suasana yang membahagiakan untuk mengurangi kebosanan dari menulis setiap hari.

Keenam, kontak dan berbicara dengan siapa saja.

Agar tidak larut dalam kebosanan menulis di blog, ceritakan saja apa yang dialami dengan orang lain! Saya biasanya bercerita bosan ngeblog dengan suami. Bercerita sebenarnya hanya ingin menyalurkan emosi kejenuhan sesaat. Intinya bukan untuk mendapatkan nasihat tetapi mencari seseorang yang mau dijadikan tempat ‘curahan hati’. Toh keputusan ngeblog ada pada diri sendiri, bukan orang lain.

Kesimpulan

Bosan menulis di blog adalah pengalaman yang wajar, apalagi saya yang sedang memasuki bulan ke 10 dari target setahun, menulis setiap hari. Oleh karena itu, saya berharap keenam siasat di atas dapat membantu anda yang ingin memulainya.

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as: , , , ,

8 replies »

  1. Dulu memang ngetik itu kalau sudah malas ampun dah gak ada obatnya, meskipun punya bahan bahasan.
    Menjaga konsistensi itu memang berat, saya pun pernah mengalami dan hampir setahun ini saya baru bisa menjaga ritme ngetik.
    Minimal sekarang saya 2 tulisan/hari 🤣

    =============================
    http://semarmotoblog.com

    Liked by 1 person

    • Terimakasih mas, justru saya tiap hari malah kadang komen yang masuk pun tak dibalas, yg penting menulis saja, penuhi komitmen setahun ini dulu hehehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.