ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Keriaan Final Piala Dunia 2018, Gratis Cevapcici dan Fans Kroasia

Penonton sebagian besar adalah pendukung timnas Kroasia.

Cevapcici yakni semacam sosis yang digoreng atau dipanggang asal Kroasia.

Meski kemenangan bukan milik Kroasia, namun para pendukung tetap ria bisa mencapai ke tahap final.

Saya percaya bahwa sebagian orang kemarin Minggu (15/7) terhipnotis untuk menonton piala dunia 2018. Itu pula yang terjadi di tempat tinggal saya. Beberapa orang yang saya kenal di sini berasal dari Kroasia. Namun kemarin, saya melihat sebagian besar orang di tempat tinggal memilih menjadi pendukung tim nasional sepakbola Kroasia ketimbang lawan. Berikut pengalaman saya menemani suami menyaksikan final di public viewing di dekat München, alias nonton bareng. Meski kita bisa menontonnya di rumah saja, namun rasanya keriaan nonton bareng itu tidak bisa didapatkan di rumah.

Betul saja! Kami memilih nonton bareng di salah satu kota, dekat München yang sudah dipadati sebagian besar pengunjungnya adalah pendukung Kroasia. Mobil-mobil parkir berhias bendera Kroasia. Sebagian orang mengenakan atribut Kroasia dan menghiasi diri mereka dengan hal yang sama. Bahkan di tempat ini, mereka menyanyikan lagu berbahasa Kroasia. Sebagian orang terdengar berbicara dalam bahasa Kroasia.

Saya disambut pramusaji yang ramah dan menanyakan asal saya. Ternyata beliau sendiri berasal dari Dominika. Lalu dia mengatakan bahwa pengunjung yang datang berhak mendapatkan cevapcici, makanan meriah asal Kroasia. Saya sendiri sudah pernah menikmati sajian ini di restoran Kroasia. Bahkan hidangan ini juga mudah ditemukan di supermarket di sini jika mau mengolahnya sendiri di rumah.

Apa itu cevapcici? Silahkan simak link saya di sini!

Baca https://liwunfamily.com/2018/02/24/balkan-spezialitaten-grillplatte-fur-zwei-kroatian-grill-rekomendasi-tempat-13/

Meski Kroasi bukan juara dunia di tahun ini, namun mereka tetap berbangga hati bisa sampai ke tahap final. Seorang penonton asal Kroasia yang duduk di belakang saya berpendapat soal pertandingan. Dia berkata “Frankreich was glücklichre team. Der Schiedsrichter hat zwei unglückliche enscheidungen getroffen die die Franzoschen bevorzug haben. Aber letzlich war der sieg verdient weil die Franzoschen vor dem Tor effective waren.” Katanya bila diterjemahkan bahwa Prancis adalah tim yang beruntung. Wasit telah membuat dua keputusan yang tidak menguntungkan yang disukai Prancis. Tapi akhirnya kemenangan itu pantas karena Prancis efektif di awal. ”

Pendukung Kroasia tetap tersenyum bahagia di akhir pertandingan. Sebagian lagi bernyanyi dalam bahasa Kroasia. Kalah bukan berarti marah, hanya saja mungkin ini belum waktu.

Sekarang mata dunia tertuju juga pada negara asal Cevapcici yang berpenduduk sekitar 4 juta ini. Bisa jadi anda pun tertarik untuk datang ke Kroasia. Ya, Kroasia menjadi salah satu tujuan wisata sebagian orang Jerman kala musim panas. Di samping punya pantai yang indah, berwisata di sana masih terjangkau dompet. Dari sekedar menonton piala dunia, kami pun sepakat menghabiskan liburan musim panas nanti September di sana.

Bagaimana pengalaman anda menonton final piala dunia kemarin?

Advertisements

5 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.