Apakah bisa jamur dijadikan salad? Jawabnya bisa saja, termasuk sajian yang dibahas kali ini. Namanya Salat mit Gebackenen Champignons yang diterjemahkan bebas sebagai salad dengan jamur kancing goreng tepung. Menurut saya, sajian ini cocok untuk para vegan yakni mereka yang tidak makan daging dan segala bentuk olahannya.

Selain itu makanan berikut yang diperkenalkan juga menyehatkan. Pasalnya ini adalah salad yang terdiri atas aneka sayuran segar, tanpa dimasak. Jangan khawatir soal rasa masakan ini! Salad ini diberi dressing yoghurt dressing yang menyegarkan dan juga lezat. Pastinya ini menambah citarasa jamur yang tanpa rasa saat diberi tepung dan digoreng.

Pertama-tama untuk jamurnya sendiri memang dipilih jamur kancing alias champignons. Jamur ini dibersihkan dan dibiarkan utuh. Lalu gunakan tepung dan telur untuk membuat adonan. Beri garam sedikit ketika mencampurkan adonan. Balurkan tiap jamur dengan adonan tadi. Goreng hingga berwarna kecokelatan dengan minyak goreng biasa. Di sini kita biasa memakai sonnenblumenöl.

Untuk salad, anda bebas memilih daun-daun segar yang dikehendaki. Di sini memakai daun feldsalat, kol, kol merah yang diiris tipis, timun yang diiris tipis, wortel yang diiris tipis dan irisan tomat. Sedangkan dressing salad menggunakan yoghurt tawar, sedikit mayonnaise, sedikit jus jeruk, bawang yang sudah dicincang halus, garam dan lada. Campurkan segala bahan jadi satu dan aduk yang kuat dengan food processor agar hasilnya merata.

Terakhir penataan. Ambil piring dan tata semua sayuran salad ke dalam piring. Beri yoghurt dressing salad ke atas sayuran. Tambahkan jamur yang sudah digoreng tepung. Selamat menikmati!